Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara yang Tepat Membersihkan Vagina

Rona kesehatan reproduksi
Raka Lestari • 10 Februari 2020 19:22

Jakarta: Vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang tetap harus dijaga kebersihannya. Meskipun memang pada dasarnya vagina dapat membersihkan dirinya sendiri. Sementara dari informasi yang ada, terkadang juga tidak sepenuhnya benar dalam memberitahu informasi mengenai cara membersihkan vagina yang tepat.

Mary Bogle, terapis fisik dasar panggul dari Beyond Basics Physical Therapy, menjelaskan, pada umumnya, vulva (bagian luar vagina) dan vagina membutuhkan sedikit saja pencucian. Ia juga menekankan untuk tidak menggunakan produk pembersihan vagina yang memiliki aroma tambahan.

“Kami merekomendasikan untuk menggunakan air saja. Akan tetapi jika harus menggunakan pembersih yang ringan atau yang bebas pewangi dan aroma tambahan. Membersihkan vagina dengan sabun bisa sangat kering, tetapi beberapa orang mungkin bisa menggunakan sabun cair,” ujar Bogle.

Carilah pembersih dengan pH antara 5,3 - 7,0. Dengan begitu Anda dapat melakukan tes pH vagina sendiri di rumah dengan membeli strip uji pH, atau membuat janji di OB / GYN untuk menguji tingkat pH Anda.
 
Dokter Carolyn DeLucia, dari VSPOT, setuju bahwa sesuatu yang ringan harus digunakan. Sebab vulva atau vagina bagian luar, seperti labia dapat dicuci dengan sabun yang ringan dan air. Ketika harus membersihkan vagina, jenis sabun yang Anda gunakan sangat penting untuk kesehatan vagina Anda.
 
Sherry A. Ross, seorang dokter ahli kandungan mengatakan bahwa menggunakan sabun yang tidak cocok untuk vagina atau produk pembersihan vagina yang salah dapat mengganggu keseimbangan pH vagina Anda tanpa Anda sadari. Ini berpotensi menyebabkan infeksi dan gatal-gatal.

Menurut Ross, bagian luar vagina harus dibersihkan setiap hari. Tetapi meskipun membersihkan setiap hari adalah penting, dia mengatakan bahwa mencuci vagina secara berlebihan justru akan berefek negatif. Jika Anda tidak menggunakan jenis sabun yang tepat pada vagina Anda, maka iritasi dapat terjadi.

Praktisi perawat Plential Parenthood Glory Guerrero memberikan saran, untuk memastikan bahwa vagina selalu bersih, bawalah pakaian dalam tambahan kemanapun Anda pergi atau bisa menggunakan panty liners.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun jangan memakain panty liners yang mengandung pewangi tambahan karena bisa menyebabkan timbulnya bakteri,” tutupnya.


 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif