Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Penyebab Terjadinya Jerawat di Punggung

Rona jerawat
Raka Lestari • 12 Agustus 2020 06:05
Jakarta: Banyak orang merasa terganggu dengan adanya jerawat pada tubuh mereka. Meskipun memang, jerawat yang cukup umum adalah jerawat yang terjadi pada wajah. Akan tetapi jerawat memang bisa terjadi di mana saja, termasuk pada punggung.
 
Seperti yang dijelaskan oleh dokter kulit Dr. Justine Kluk kepada Glamour UK. Menurutnya, sama seperti kebanyakan jerawat pada umumnya, jerawat di punggung terjadi karena adanya produksi sebum yang berlebihan, penumpukan sel kulit mati, dan bakteri.
 
"Kulit di punggung kita sangat tebal, sehingga potensi pori-pori tersumbat sangat tinggi. Bagi mereka yang rentan terhadap jerawat, penumpukan minyak dan sel kulit mati di pori-pori kita menciptakan lingkungan yang ideal untuk bakteri tertentu yang disebut jerawat 'propionibacterium' berkembang biak," ujar Dr. Justine.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun begitu, sama seperti halnya jerawat pada wajah, tetap ada beberapa faktor lain yang dapat berkontribusi atau berpotensi memperburuk jerawat punggung. Untuk itu, ketahui apa saja faktor-faktor pemicu jerawat punggung agar membantu Anda mencegahnya.
 
“Salah satu penyebab paling umum dari jerawat punggung adalah pakaian yang basah karena keringat. Hal ini sering terjadi ketika sedang berolahraga,” kata Elizabeth Hale, seorang dokter kulit di New York.
 
Penyebab Terjadinya Jerawat di Punggung
Folikel rambut pada punggung dapat menjebak keringat dan bakteri serta menyebabkan timbulnya jerawat. (Foto: Ilustrasi-Freepik)
 
Untuk mencegahnya, Hale menyarankan agar hal yang pertama dilakukan setelah olahraga adalah melepas baju atau bra yang digunakan untuk berolahraga. Selain itu, sebaiknya juga langsung mengganti pakaian olahraga Anda segera setelah berolahraga.
 
Menurut Julie Morris, perawat estetika di Effortless Skin, bahkan rambut panjang yang terurai di punggung bisa memperburuk jerawat di punggung. Terlepas dari seberapa sering Anda mencuci rambut, tetap saja ada kemungkinan bahan-bahan yang terdapat pada produk perawatan rambut yang menempel di punggung dan menyumbat pori-pori kulit.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif