Jenis makanan dan minuman tersebut mengganggu kadar pH alami tubuh yang bertanggung jawab terhadap meluapnya asam lambung. (Foto Ilustrasi: Rawpixel)
Jenis makanan dan minuman tersebut mengganggu kadar pH alami tubuh yang bertanggung jawab terhadap meluapnya asam lambung. (Foto Ilustrasi: Rawpixel)

Solusi Cepat Meredakan Asam Lambung

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 30 Juni 2019 15:30
Asam lambung dialami orang ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan lemak. Selain itu gemar dengan kafein juga menjadi salah satu penyebab asam lambung naik.
 
Jakarta: Asam lambung merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada manusia. Biasanya masalah timbul setelah Anda mengonsumsi makanan berminyak dan lemak seperti piza, pasta dan gorengan.
 
Anda juga bakal sering menderita keasaman apabila gemar mengonsumsi kafein yang berlebihan, gula, dan jarang minum air. Jenis makanan dan minuman tersebut mengganggu kadar pH alami tubuh yang bertanggung jawab terhadap meluapnya asam lambung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski umum terjadi, Anda mesti segera memeriksa kondisi Anda ke dokter jika mengalami asam lambung lebih dari dua kali seminggu. Ada kemungkinan Anda memiliki masalah keasaman serius yang dikenal sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).
 
Rasa sakitnya bisa sangat buruk. Bagi sebagian orang terasa seperti masalah jantung, sebagiannya lagi merasa mulas. Untuk itu, Anda harus segera meredakan asam lambung dengan mengunjungi dokter.
 
Akan tetapi, karena seseorang dapat menderita keasaman kapan saja atau di mana saja, Anda perlu mencari cara buat meredakan asam lambung sembari menuju dokter. Berikut beberapa solusi mudah dan efektif yang akan membantu meredakan keasamaan:

1. Jus lidah buaya

Lidah buaya, yang dikenal karena khasiat obatnya, tidak hanya digunakan untuk meredakan infeksi kulit dan luka bakar. Tanaman ini juga dapat membantu menjaga usus Anda bersih dan bebas dari racun.
 
Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat serta sarat dengan vitamin dan asam amino yang kuat, yang mengurangi kadar keasaman dan mendinginkan tubuh. Oleh karena itu, digunakan sebagai salah satu opsi untuk memberikan bantuan cepat.
 
Cara membuat jus lidah buaya terbilang mudah. Anda cukup mengolah dagingnya dan campur dengan air. Konsumsi jus 2-3 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Bumbu rempah dapur

Meskipun dapat memicu mulas, bumbu dapur tertentu dapat membantu meredakan asam lambung. Secara tradisional, zat penyedap esensial seperti biji jinten, kapulaga, kayu manis, dan bubuk jahe telah diandalkan karena memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.
 
Biji jintan, khususnya, memiliki sifat kuat yang dapat membantu Anda menyingkirkan masalah kembung di perut. Makanya, ini dipercaya juga bisa meredakan asam lambung.
 
Untuk mengolah bumbu dapur, Anda cukup rebus segelas air menggunakan wadah panci. Tambahkan rempah-rempah seperti biji jintan, kapulaga, bubuk jahe, dan cengkeh ke dalamnya. Biarkan ramuan itu mendidih.
 
Setelah itu biarkan racikan tersebut menjadi dingin agar Anda bisa menenggaknya.. Anda juga bisa menambahkan jaggery untuk menambah sensasi rasa berbeda.

3. Ekstrak nanas

Anda juga dapat mengatasi asam lambung dengan mengonsumai jus yang diekstrak dari nanas segar. Nanas mengandung vitamin, mineral dan bromelain. Ini merupakan enzim yang membantu mengontrol kadar asam klorida dalam perut serta mencegah refluks asam.


4. Menghindari asam lambung

Anda juga disarankan tidak segera berbaring setelah makan. Sebab posisi sederhana ini dapat memicu keasaman di perut. Sebagai gantinya, duduklah setidaknya 30-40 menit setelah makan.
 
Kemudian, hindari mengonsumsi minuman bersoda karena mengganggu tingkat pH lambung Anda. Beberapa minuman seperti jus citrus seperti lemon, jeruk, dan grapefruit juga harus dihindari.
 
Terutama ketika Anda menderita GERF. Karena asam yang terkandung dalam aneka citrus dapat memperburuk refluks di perut Anda.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif