Hindari Konsumsi Protein Berlebihan, Ini Alasannya

Torie Natalova 05 November 2018 07:06 WIB
kesehatan
Hindari Konsumsi Protein Berlebihan, Ini Alasannya
Makanan yang mengandung sembilan asam amino penting paling banyak ditemukan dalam daging, susu, telur dan makanan laut. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)
Jakarta: Semakin banyak orang yang memilih untuk menjadi vegan, vegetarian atau hanya fokus pada sayuran untuk makanan sehari-hari sebagai salah satu cara untuk lebih sehat dan menghindari masalah kesehatan. Menurut praktisi obat fungsional William Cole, ia melihat banyak orang yang salah menjalani pola hidup vegetarian.

Menurut William, sangat penting untuk tidak berlebihan mengonsumsi protein agar gula darah dalam tubuh tetap terkendali. Salah satu hal yang paling sering dipermasalahkan dalam pola hidup vegan adalah protein yang hanya didapatkan dari sayuran.

William mengatakan, sebenarnya tubuh membutuhkan lebih sedikit protein dari yang Anda kira. Untuk mengelola gula darah, sangat penting untuk tidak berlebihan mengonsumsi protein. Ketika tubuh membutuhkan glukosa, ia menggunakan proses glukoneogenesis untuk mengubah asupan protein menjadi glukosa untuk energi.


Tapi, ketika Anda membatasi protein, tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Setidaknya, tubuh memerlukan 0,5-1 gram protein per pon berat badan tanpa lemak setiap hari. Tapi, tidak semua protein diciptakan sama.


(Untuk mengelola gula darah, sangat penting untuk tidak berlebihan mengonsumsi protein. Foto: Wouter Meijering/Unsplash.com)

(Baca juga: Empat Jenis Salad Dressing yang Diklaim Paling Sehat)

Masalah utama akan datang ketika jenis protein tertentu melebihi jumlah yang dibutuhkan. Saat makan protein jenis tersebut, itu akan dipecah menjadi asam amino. Tubuh membutuhkan asam amino agar berfungsi optimal. Ada sembilan jenis asam amino yang paling penting bagi tubuh.

Tubuh Anda tidak dapat membuat seluruh asam amino sehingga harus didapatkan dari makanan. Makanan yang mengandung sembilan asam amino penting paling banyak ditemukan dalam daging, susu, telur dan makanan laut. Tentu saja, makanan ini tidak dikonsumsi oleh vegetarian.

Anda yang memilih pola makan vegan, dapat memperoleh asam amino dari tanaman dan beberapa sumber protein lengkap dari tumbuhan seperti tempe, bubuk atau biji rami, nutritional yeast, bubuk protein biji sicha, dan spirulina.

Jumlah protein yang dibutuhkan seseorang akan bervariasi untuk setiap individu. Mendapatkan nutrisi yang seimbang dan sehat sangat penting dengan fokus pada sumber protein lengkap dan tidak berlebihan mengonsumsi protein.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id