4 Dampak Buruk jika Anda Mengurangi Asupan Karbohidrat

Raka Lestari 15 Februari 2018 15:13 WIB
diet
4 Dampak Buruk jika Anda Mengurangi Asupan Karbohidrat
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Menghilangkan asupan karbohidrat sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dengan cara demikian, diharapkan tubuh dapat membakar kalori dari persediaan lemak tubuh.
Padahal, karbohidrat berperan penting untuk kesehatan.

"Asupan karbohidrat yang paling rendah 20 gram karbohidrat sehari. Kurang karbohidrat menyebabkan tubuh mengalami ketosis yang bisa membuat Anda merasa mual, lemah, dan tidak bergairah," ujar ahli gizi Karen Ansel, dilansir dari Men's Health.

Selain dampak diatas, kekurangan karbohidrat juga akan menyebabkan hal-hal dibawah ini pada tubuh.


1. Kelelahan

"Selain bagus untuk otot, otak Anda juga membutuhkan asupan karbohidrat," kata Ansel. Otak bergantung pada karbohidrat untuk menghasilkan energi. Tanpa asupan yang cukup, kekuatan otak akan menurun  dan Anda mungkin akan sulit fokus sepanjang hari."

2. Perubahan suasana hati dan mudah tersinggung

Tanpa karbohidrat yang cukup, gula darah akan turun, membuat Anda merasa murung. Ini karena, karbohidrat sangat penting untuk memproduksi serotonin kimia di otak, sehingga asupan yang kurang membuat Anda cenderung mudah tersinggung.

3. Konstipasi

Karbohidrat adalah satu-satunya sumber makanan yang mengandung serat," kata ahli gisi Keri Gans dan penulis buku The Small Change Diet

"Serat membantu mengendalikan kadar glukosa darah, dapat membantu menurunkan kolesterol, dan meningkatkan keteraturan usus."

Dengan menghilangkan asupan buah, sayuran, dan biji-bijian, kemungkinan Anda akan mengalami konstipasi yang cukup parah.

4. Bau mulut

"Bila pola makan Anda kurang karbohidrat, tubuh Anda mulai membakar lemak seperti bahan bakar dan memproduksi keton," kata Zuckerbrot. 

"Aseton, salah satu keton, menyebabkan bau nafas Anda berbau (asam)." Faktanya, ada salah satu penelitian yang menemukan bahwa bau mulut adalah indikator yang baik untuk mengetahui jumlah asupan karbohidrat yang terlalu sedikit.



 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id