Melakukan diet terlalu ketat hanya akan membuat tubuh menganggap bahwa Anda sedang merasa lapar
Melakukan diet terlalu ketat hanya akan membuat tubuh menganggap bahwa Anda sedang merasa lapar

Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Memperlambat Metabolisme

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 25 April 2019 17:56
Jika Anda memiliki sistem metabolisme yang cepat, maka kalori yang menumpuk dalam tubuh akan lebih cepat terbakar.
 

 
Jakarta: Membakar kalori adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Dan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh, ditentukan oleh cepat atau lambatnya sistem metabolisme Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda memiliki sistem metabolisme yang cepat, maka kalori yang menumpuk dalam tubuh akan lebih cepat terbakar.
 
Sedangkan jika metabolisme Anda berjalan lambat maka jumlah kalori yang terbakar pun akan semakin sedikit.
 
Namun ada beberapa kebiasaan-kebiasaan setiap hari yang bisa memengaruhi cepat atau lambatnya sistem metabolisme Anda.
 
Seperti dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat berpengaruh terhadap sistem metabolisme Anda:

Sarapan yang terlalu siang

"Agar pembakaran kalori pada tubuh Anda berjalan dengan baik, sarapanlah dalam waktu satu jam setelah bangun tidur di pagi hari. Atau bahkan, lebih baik lagi dalam waktu 15 menit setelah Anda bangun tidur di pagi hari," kata Joanne Rinker, MS, RD, senior director for community health improvement di Public Health Improvement Partners.

Tidak minum dalam jumlah cukup

"Setiap proses dalm sel-sel yang terjadi pada tubuh Anda bergantung pada asupan air, sehingga dengan tidak mendapatkan hidrasi yang cukup dapat memperlambat sistem metabolisme," kata Kristen Gradney, RDN, direktur layanan nutrisi dan metabolisme di Pusat Medis Regional Our Lady of the Lake di Baton Rouge, Amerika Serikat.
 
"Dan ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda memiliki lebih sedikit energi untuk berjalan, bersepeda, atau melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk membakar kalori," kata Tammy Lakatos Shames RD, pelatih kebugaran bersertifikat.
 
(Baca Juga: Lima Makanan yang Tidak Baik untuk Metabolisme)
 
Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Memperlambat Metabolisme
(Stres memiliki banyak efek negatif salah satunya melakukan metabolisme lebih lambat. Foto: Unsplash.com)

Diet yang terlalu ketat

Melakukan diet terlalu ketat hanya akan membuat tubuh menganggap bahwa Anda sedang merasa lapar, sehingga tubuh akan mengimbanginya dengan memperlambat tingkat metabolisme dan kemampuan membakar kalori untu menghemat bahan bakar.
 
"Tubuh Anda akan melakukan berbagai cara, yang pada akhirnya mengurangi jumlah kalori yang digunakannya," kata Gradney.

Terlalu banyak duduk

Menurut studi yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, terlalu banyak duduk atau gaya hidup yang pasif tersebut dikaitkan dengan kemungkinan penyakit jantung, diabetes, dan risiko kesehatan serius lainnya yang lebih tinggi.
 
Hanya dengan melakukan beberapa gerakan ringan saja membutuhkan aktivitas otot yang tampaknya memicu proses yang berkaitan dengan pemecahan lemak dan gula di dalam tubuh.

Stres berlebih

Stres memiliki banyak efek negatif salah satunya menyebabkan tubuh kita memetabolisme makanan lebih lambat, kata para ilmuwan di Ohio State University.
 
"Stres meningkatkan hormon yang merangsang pusat nafsu makan dan mengarah pada perilaku makan yang nyaman sehingga Anda cenderung mengonsumsinya dalam jumlah banyak," ujar Dr Mechanick dari American Association of Clinical Endocrinologists.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif