Rasa tertarik merupakan hal esensial yang mengawali proses dari hubungan. (Foto: Pexels.com)
Rasa tertarik merupakan hal esensial yang mengawali proses dari hubungan. (Foto: Pexels.com)

Seberapa Penting Ketertarikan dalam Hubungan?

Rona romansa psikologi
Kumara Anggita • 17 April 2019 19:02
Attraction atau rasa tertarik adalah salah satu komponen dari cinta. Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog menjelaskan bahwa rasa tertarik merupakan hal esensial yang mengawali proses dari hubungan.
 

 
Jakarta:
Anda tertarik dengan seseorang bisa karena fisik, kemampuan intelektual, selera humor, keramahan, kekuatan dan masih banyak lagi. Namun, bila berbicara tentang hubungan jangka panjang apakah hal ini merupakan komponen penting?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog mengatakan hubungan jangka panjang membutuhkan usaha dan konsistensi.
 
Namun sebelum ke sana, rasa tertarik merupakan hal esensial yang mengawali proses dari hubungan.
 
"Penting di awal, dari banyak banget orang, Anda tertarik dengan si A. Attraction adalah salah satu komponen dari cinta itu sendiri tapi kalau bicara relasi, itu hanya pintunya," tuturnya pada Medcom.id.
 
Setelah Anda sudah tertarik untuk mengenali satu sama lain, masih banyak proses yang harus Anda lewati. Anda membutuhkan sebuah komitmen untuk membuat suatu hubungan bertahan.
 
"Ketika kita sudah masuk, itu butuh lebih dari ketertarikan, ada komitemen di dalamnya," katanya.
 
(Baca juga: Mendongkrak Gairah saat Sudah Hilang)
 
Seberapa Penting Ketertarikan dalam Hubungan?
(Menurut psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog mengatakan hubungan jangka panjang membutuhkan usaha dan konsistensi. Foto: Pexels.com)
 

Hal ini karena dalam perjalanannya ketertarikan itu akan memudar seiring dengan berjalannya waktu. Semakin lama, Anda semakin mengenalnya dan sisi-sisi misteriusnya jadi menghilang. Menurut penelitian, umumnya setelah 14 bulan, ketertarikan itu akan menghilang.
 
"Karena cinta itu secara natural ingin bersama. Ada penelitiannya kalau situasi konstan, dia paling bertahan 14 bulan," tuturnya. Selain komitmen, Anda juga membutuhkan kedekatan dalam hubungan.  
 
Kedekatan ini banyak bentuknya misalnya Anda dan pasangan sudah menerima sifat buruk dan baik satu sama lain.
 
"Lebih dari itu, Anda butuh hal lain. Kenyamanan, penerimaan, pemahaman, dan dukungan. Anda dan dia punya tujuan yang sama," tuturnya.
 
Jadi ketertarikan merupakan hal yang penting dalam suatu hubungan. Namun, ketertarikan tersebut beriringan dengan waktu harus dibarengi dengan komitmen dan rasa kedekatan. Dengan seperti itu, hubungan Anda dan dia jadi kuat dan bisa berjangka panjang.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif