Ini yang Terjadi di dalam Tubuh Selama Anda Hamil

27 November 2018 18:52 WIB
kehamilan
Ini yang Terjadi di dalam Tubuh Selama Anda Hamil
Berikut ini adalah beberapa perubahan yang terjadi saat Anda hamil. (Foto: Jernej Graj/Unsplash.com)
Jakarta: Selama Anda hamil, kira-kira apa saja yang berubah di dalam tubuh Anda? Payudara yang membengkak, hormon yang fluktuatif, buang air kecil lebih sering, mood yang naik dan turun serta lainnya.

Berikut seperti dilansir dari BabyCenter, beberapa perubahan yang terjadi saat Anda hamil.

1. Pada trimester pertama
Anda bisa jadi belum mengetahui atas kehamilan pada bulan pertama ini. Biasanya tubuh mulai merasa sering lelah akibat perubahan hormon dan emosi ibu mulai berfluktuasi, yaitu mudah marah atau senang secara tiba-tiba.


(Baca juga: Perbedaan Bed Rest di Rumah Sakit dan di Rumah)


(Selama Anda hamil, kira-kira apa saja yang berubah di dalam tubuh Anda? Payudara yang membengkak, hormon yang fluktuatif, buang air kecil lebih sering, mood yang naik dan turun serta lainnya. Foto: Janco Ferlic/Unsplash.com)

2. Pada trimester kedua
Pada trimester ini, belum terlalu banyak perubahan yang terjadi dan biasanya kehamilan mulai diketahui melalui pemeriksaan urine dengan test pack.

Dan rahim Anda tumbuh secara bertahap. Anda bisa mulai merasakan debaran pertama pada gerakan bayi Anda dan menunjukkan tonjolan yang jelas pada usia pertengahan kehamilan.

3. Pada trimester ketiga
Saat ini bayi Anda yang sedang tumbuh lebih besar lagi, mendorong usus dan perut ke atas diafragma dan paru-paru. Itulah mengapa Anda mungkin merasa napas terengah-engah. ini salah satu masalah umum juga.

Kandung kemih Anda juga di bawah tekanan. Anda akan lebih banyak ke kamar mandi ketika si kecil turun lebih rendah ke panggul Anda, biasanya sekitar dua sampai empat minggu sebelum melahirkan. Gejala seperti ini akan mereda setelah bayi Anda lahir.

Dan jangan khawatir karena kurang lebih dalam waktu satu bulan rahim Anda akan bisa kembali menyusut lagi ke ukuran yang sebelumnya.


Maria Fransiska





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id