Anda bisa mendapatkannya dari sayuran dan buah-buahan hijau oranye, kuning, dan gelap.  (Foto Ilustrasi: Pexels)
Anda bisa mendapatkannya dari sayuran dan buah-buahan hijau oranye, kuning, dan gelap. (Foto Ilustrasi: Pexels)

Tips Diet bagi Penderita Kanker Payudara

Rona kanker payudara
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Maret 2019 14:15
Jakarta: Apa yang Anda makan memengaruhi berat badan Anda. Alhasil obesitas meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara. Namun jika ketika mengidap penyakit ini dan memutuskan menerapkan diet sehat, peluang hidup Anda bisa meningkat.
 
Ada beberapa makanan yang memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan tubuh. Seperti sayuran, biji-bijian, juga ikan. Begitu juga untuk penderita kanker payudara. Berikut tips diet bagi penderita kanker payudara.

1. Konsumsi makanan nabati

Jika Anda lebih banyak mengonsumsi makanan nabati, Anda dapat menurunkan peluang terkena kanker payudara. Para peneliti mengatakan strategi ini bisa membantu melindungi tubuh terhadap risiko tumor yang paling agresif.
 
Buah dan sayuran juga merupakan bagian penting dari diet yang akan membantu Anda mengontrol berat badan. Ini merupakan kunci untuk mencegah kanker payudara agar tidak kembali lagi.

2. Hindari makanan berlemak

Beberapa penelitian mengatakan makanan berlemak mungkin memiliki pengaruh dalam pertumbuhan tumor payudara. Tetapi, penelitian tersebut masih belum ada kejelasan lebih lanjut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keputusan terbaik bagi penderita kanker payudara ialah membatasi lemak jenuh dan lemak trans. Biasanya, keduanya ada dalam daging sapi, mentega, keju, es krim, makanan yang digoreng, dan makanan yang dipanggang. Dalam hal protein hewani, sebaiknya pilihlah ikan dan ayam.

3. Fokus pada serat

Anda akan mendapatkan serat secara alami jika Anda mengonsumsi banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama untuk kadar gula darah, jantung, dan saluran pencernaan.
 
Beberapa penelitian telah menyarankan jenis diet ini dapat menurunkan peluang Anda terkena kanker payudara. Secara khusus, ini dapat membantu melindungi tubuh dari risiko terkena jenis tumor yang agresif.

4. Vitamin D

Studi menunjukkan hubungan antara tingkat rendah nutrisi ini dan peluang kanker payudara yang lebih tinggi. Ini mungkin juga berperan dalam pertumbuhan tumor. Anda bisa memasukkan salmon, tiram, herring, mackerel, dan sarden, ke dalam daftar menu makanan.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

5. Flavonoid

Zat kimia ini dapat Anda temukan pada tanaman tertentu, untuk mendapatkan kemungkinan kanker payudara yang lebih rendah. Anda dapat menemukan flavonol dalam bawang, brokoli, dan teh. Sedangkan, flavon tersedia dalam peterseli, seledri, dan minuman dengan chamomile.

6. Karotenoid

Ini adalah jenis fitokimia lain dalam makanan nabati yang dikaitkan demi menekan tingkat risiko kanker payudara lebih rendah lagi. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran dan buah-buahan hijau oranye, kuning, dan gelap. Di antaranya ada dalam wortel, labu, labu musim dingin, bayam, kangkung, ubi, dan blewah.

7. Senyawa fenolik

Studi menunjukkan jenis bahan kimia ini dapat menurunkan peluang Anda terkena kanker payudara dan dalam beberapa kasus memperlambat pertumbuhan tumor. Anda bisa menemukannya dalam bawang putih, teh hijau, kacang kedelai, biji rami, brokoli, kol, tomat, terong, mentimun, dan semangka.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif