Buah Bit (Dok. MI)
Buah Bit (Dok. MI)

Manfaat Kesehatan dari Buah Bit

Rona kesehatan
Raka Lestari • 13 Januari 2019 14:20
Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah bit memiliki kandungan nutrisi yang sehat, seperti lima vitamin esensial, kalsium, zat besi, kalium, dan protein. Dan dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, ketika Anda mengonsumsi buah bit maka dapat memberikan pengaruh yang positif pula bagi kesehatan dan tubuh Anda.
 
Buah bit juga memiliki beberapa manfaat yang mungkin selama ini tidak Anda sadari ketika mengonsumsinya. Dikutip dari Reader's digest, berikut ini adalah beberapa manfaatnya: 
 
1. Melawan Kanker
Bit mengandung kadar antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Menurut penelitian dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Warna merah pada bit berasal dari betacyanin, pigmen tanaman yang menurut beberapa penelitian awal dapat membantu mempertahankan sel terhadap karsinogen berbahaya. Selain itu, kadar tinggi serat unik yang ditemukan dalam bit dapat dikaitkan dengan risiko kanker usus yang lebih rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung
Bit adalah sumber folat dan betaine yang baik. Nutrisi ini bekerja bersama-sama untuk membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan menyebabkan peradangan yang merusak arteri.
 
3. Baik untuk Kesehatan Mata
Bit adalah sumber lutein yang baik, antioksidan yang membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia. Mereka juga mengandung berbagai phytochemical yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan jaringan saraf Anda.
 
4. Mengurangi Risiko Demensia
Bit menghasilkan asam nitrat, yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda, termasuk ke otak Anda. Hasil MRI yang dilakukan pada orang dewasa lanjut usia menunjukkan bahwa setelah makan diet tinggi nitrat yang termasuk jus bit, subjek memiliki lebih banyak aliran darah ke materi putih lobus frontal mereka.
 
5. Melawan Konstipasi
Bit juga mengandung sejumlah serat. Serat sendiri dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda berjalan dengan lancar, dan salah satu dari banyak manfaat bit bagi kesehatan adalah dapat melancarkan pencernaan Anda dan mengurangi terjadinya konstipasi. 
 
Ketahui Fungsi Vitamin C dan D untuk Kesehatan Tulang

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi