Linea negra akan muncul pada trimester dua hingga trimester tiga kehamilan. (Foto: Pixabay.com)
Linea negra akan muncul pada trimester dua hingga trimester tiga kehamilan. (Foto: Pixabay.com)

Mengenal Linea Negra pada Perut Ibu Hamil

Rona kehamilan
Pelangi Karismakristi • 12 Februari 2019 07:44
Jakarta: Wanita yang sedang hamil akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Pun demikian dengan perut yang membesar dan muncul garis vertikal berwarna gelap atau linea negra.
 
Linea negra akan muncul pada trimester dua hingga trimester tiga kehamilan. Meskipun pada sebagian ibu hamil akan mengalaminya, Anda tak perlu khawatir bila tak mendapati garis gelap ini di perut. Sebab ada hampir 25 persen wanita hamil tak memiliki linea negra.
 
Kemunculan linea negra ini tidak berbahaya dan tidak menunjukkan apa pun yang berkaitan dengan kehamilan. Justru menjadi salah satu tanda bahwa hormon kehamilan Anda berfungsi dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Donita Sarankan Ibu Hamil dan Menyusui Hindari Junk Food)
 
Mengenal Linea Negra pada Perut Ibu Hamil
(Wanita yang sedang hamil akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Pun demikian dengan perut yang membesar dan muncul garis vertikal berwarna gelap atau linea negra. Foto: Pixabay.com)
 
Beberapa kasus linea negra tak melulu bergaris vertikal pada perut. Melainkan ada juga yang memanjang dari pusar sampai tulang kemaluan, terdapat pula yang memanjang ke arah atas dan berujung di dekat payudara dan memanjang dari payudara ke tulang panggul. 
 
Biasanya linea negra ini muncul saat perut mulai membesar. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada kulit selama kehamilan. Selain itu, linea negra juga dipicu oleh tingginya kadar esterogen dalam tubuh ibu hamil, merangsang produksi melanosit yang menjadilan sel-sel kulit menggelap. 
 
Setelah melahirkan, linea negra akan memudar dalam tiga hingga empat bulan. Namun, untuk ibu hamul berkulit gelap, akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena kadar melanin yang cukup tinggi di dalam tubuhnya. 
 
Bila Anda ingin garis ini cepat hilang, disarankan agar mencegah paparan sinar matahari. Selain itu, bisa juga menggunakan krim untuk mempercepat prosesnya atas saran dari dokter terlebih dahulu.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif