Ada banyak sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan potasium, yang bahkan lebih tinggi dari kandungan potasium pada pisang. (Foto Ilustrasi: Elliv Sonas/Unsplash.com)
Ada banyak sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan potasium, yang bahkan lebih tinggi dari kandungan potasium pada pisang. (Foto Ilustrasi: Elliv Sonas/Unsplash.com)

Selain Pisang, Ini Makanan yang Kaya Potasium

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 24 Maret 2019 14:12
Potasium ternyata bukan hanya terkandung dalam sebuah pisang. Ada beberapa makanan yang bahkan memiliki kandungan lebih tinggi dibandingkan dengan pisang.
 
Jakarta
: Pisang memang merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan potasium. Dengan mengonsumsi pisang, Anda sudah bisa memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan tubuh akan potasium.
 
Potasium adalah mineral yang baik bagi tubuh terutama dalam mencegah stroke dan penyakit jantung. Namun ternyata, asupan potasium tidak hanya bersumber dari pisang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada banyak sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan potasium, yang bahkan lebih tinggi dari kandungan potasium pada pisang. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah sumber makanan yang memiliki kandungan potasium lebih tinggi daripada pisang:

1. Butternut squash

Butternut squash ini memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi di antara sumber makanan lainnya. Ada sekitar 582 miligram kandungan potasium dalam satu cangkir Butternut squash.
 
Sementara pisang hanya memiliki 420 miligram potasium per buahnya. Menurut Recommended Dietary Allowance di Amerika Serikat, orang dewasa harus mendapatkan 4,700 miligram potasium per hari.

2. Edamame

Salah satu jenis kacang kedelai ini juga memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi, yaitu sekitar 676 mg per cangkir. Kacang edamame juga merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik di dunia karena mengandung semua nutrisi mikro penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot. Edamame enak dipanggang dengan ditambahkan taburan garam.

3. Kentang dan ubi

Ubi manis mengandung 438 mg potasium dan kentang dapat menghasilkan 950 mg. Kedua jenis umbi-umbian ini juga mengandung vitamin A tingkat tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan potasium yang baik, sebaiknya pilih ubi manis.

4. Bit

Salah satu makanan lain yang kaya akan potasium adalah bit. Anda bisa mengonsumsi satu cangkir sayuran bit yang memiliki kandungan potasium sebanyak 655 mg. Selain potasium, Anda juga akan mendapatkan folat, mangan, dan tembaga, belum lagi serat makanan, magnesium, fosfor, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 ketika mengonsumsi bit.

5. Yogurt

Yogurt adalah sumber kalsium yang baik dan juga mengandung 380 mg potasium per cangkirnya atau sekitar delapan ons. Untuk menambahkan kandungan potasium pada yogurt, Anda bisa menambahkan satu cangkir kacang hazelnut.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif