Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai resolusi Anda untuk menurunkan berat badan. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)
Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai resolusi Anda untuk menurunkan berat badan. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Cara Merealisasikan Penurunan Berat Badan di Tahun Baru

Rona kesehatan
Raka Lestari • 03 Januari 2019 17:31
Jakarta: Menurunkan berat badan menjadi salah satu resolusi tahun baru yang paling banyak dilakukan. Tetapi banyak juga yang hanya menjadikan itu resolusi awal tahun saja dan tidak benar-benar melakukannya di bulan-bulan selanjutnya.
 
Namun sebenarnya mudah untuk mencapai resolusi tahun baru tersebut asalkan Anda mengikuti seluruh prosesnya dengan baik.
 
Rachael Attard, personal trainer di Sydney membagikan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai resolusi Anda untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Memiliki rencana yang harus Anda lakukan
Bagi Rachael, hal terpenting yang harus dilakukan jika ingin menurunkan berat badan adalah membuat rencana yang harus Anda lakukan.
 
"Buat rencana yang mungkin Anda lakukan, misalnya masuk kelas gym, berolahraga empat hari seminggu atau mengurangi membeli makanan cepat saji," katanya kepada Daily Mail Australia.
 
Setelah Anda selesai melakukannya, tuliskan langkah-langkah yang selanjutnya akan Anda lakukan. Dua hal yang cukup sering berhasil adalah perencanaan makan dan menjalani olahraga teratur.
 
(Baca juga: Hubungan Antara Asupan Air dan Penurunan Berat Badan)
 
Cara Merealisasikan Penurunan Berat Badan di Tahun Baru
(Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)
 
2. Menuliskan tujuan-tujuan Anda
Sesuatu yang baik biasanya memiliki tujuan, tetapi penting untuk menuliskannya jika Anda ingin mencapainya. "Menuliskan tujuan Ands memberi Anda rasa tanggung jawab sehingga Anda berkomitmen untuk itu," kata Rachel. "Pastikan Anda meletakkannya di tempat-tempat yang dengan mudah Anda temui," katanya.
 
3. Melakukan review terhadap tujuan Anda setiap bulannya
Anda juga harus melakukan review terhadap apa yang telah Anda lakukan setiap bulannya. "Buat satu waktu di setiap bulannya untuk mengetahui sejauh mana rencana Anda berjalan sejauh ini."
 
"Tetapkan tanggal di mana Anda meninjau apa kelebihan dan kekurangan dari rencana Anda tersebut," kata Rachael.
 
4. Memberikan hadiah ketika sukses melakukannya
Setelah Anda mencapai tujuan Anda, berilah penghargaan kecil kepada diri sendiri. "Dengan merayakannya, itu dapat memberi Anda kesempatan untuk merasa bangga kepada diri Anda sendiri," ujar Rachael.
 
Pastikan Anda tidak memberi hadiah kepada diri sendiri dengan sesuatu yang akan merusak tujuan penurunan berat badan Anda, seperti makanan.
 
5. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri
"Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa setiap orang tentu akan semangat pada awalnya. Tetapi berbagai hambatan seperti waktu, kesibukan, kehilangan motivasi, dan akhirnya menyerah," kata Rachael.
 
"Tapi jangan menyerah pada tujuan Anda, jika itu penting bagi Anda untuk kembali ke tujuan awal dan menjadikannya sebagai tahun terbaik Anda."
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif