Alasan Harus Menghindari Krim Malam Sebelum dan Sesudah Perawatan Laser

Sri Yanti Nainggolan 13 September 2018 16:54 WIB
kecantikan
Alasan Harus Menghindari Krim Malam Sebelum dan Sesudah Perawatan Laser
(Foto: Fashionlady)
Jakarta: Laser adalah salah satu pilihan instan dalam perawatan kulit. Sebelum memutuskan melakukannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Misalnya, perawatan rutin krim malam yang sebaiknya dihentikan sebelum atau sesudah melakukan metode tersebut.

"Kalau menggunakan krim malam dari dokter, sebaiknya hentikan pemakaian tiga hari sebelum dan tiga hari sesudah melakukan laser," ujar ahli kulit dari RS Pondok Indah-Puri Indah dr Mariana Purnama Dewi, SpKK dalam temu media di Jakarta, Kamis 13 September 2018. 


Sementara, jika menggunakan krim malam biasa yang dijual di pasaran, disarankan menghentikan sementara satu hari sebelum dan sesudah laser. 

Kemudian, cobalah hindari paparan sinar UV, terutama dari matahari selama kurang lebih dua minggu. Hal ini sangat disarankan untuk pasien dengan laser untuk masalah pigmentasi. 

"Pelembap dan tabir surya juga wajib digunakan," tegas dr Kardiana. 

Terkait efek samping, dr Kardiana mengungkapkan bahwa beberapa orang memang mengalami kulit kemerahan, bentol-bentol, hingga gatal. Ini adalah reaksi yang wajar dan umumnya akan hilang dalam beberapa saat. 

"Bisa diatasi dengan pemakaian krim anti-iritasi, asalkan kulit tidak dalam keadaan terbakar," tambahnya.

Masalah lain yang bisa muncul akibat laser adalah  iritasi yang membuat kulit menjadi mengelupas atau pedih, serta warna kulit yang menggelap.

Menurutnya, penyebab gangguan-gangguan tersebut adalah bagian dari proses penyesuaian energi laser yang diberikan pada pasien.

"Jika dokternya berpengalaman, risiko seperti itu kecil."



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id