Panduan Berolahraga pada Bulan Puasa

Raka Lestari 24 Mei 2018 10:48 WIB
tips kesehatan
Panduan Berolahraga pada Bulan Puasa
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Berolahraga saat puasa ternyata baik agar tubuh tetap bugar. Namun, kapankah waktu terbaik untuk melakukannya?

"Untuk olahraga yang bikin dehidrasi, sebaiknya dilakukan pada sore hari menjelang berbuka. Jangan pagi hari karena bisa memicu dehidrasi," ujar dr Iman Widya Aminata, Sp.OT, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Pondok Indah Jakarta, belum lama ini. 

Ia pun menyarankan untuk melakukan olahraga yang bersifat repetisi saja. 


"Main di repetisinya saja, misalnya kalau kalo nge-gym tidak perlu nambah beban, kita main di repetisinya saja. Tujuannya untuk mempertahankan endurance, nafas, dan denyut nadi agar stabil. Jadi, boleh berolahraga tapi yang diubah mungkin waktunya, yaitu jam 4 atau 5 sore."

Bagi mereka yang ingin meningkatkan massa otot, sebaiknya tidak dilakukan ketika bulan puasa karena selain memerlukan latihan beban, tubuh juga memerlukan suplemen penunjang agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

"Kalau untuk meningkatkan massa otot, sebaiknya dilakukan nanti setelah lebaran. Karena ketika bulan puasa suplemen atau input proteinnya lebih berkurang," ujar dr Iman. 

Untuk pilihan olahraga, selain kardio ringan bisa juga memilih judo dan karate. Namun, jika tubuh pusing atau merasa mual, dr Iman mengingatkan untuk segera berhenti dan tidak memaksakan. 

Lihat video:





(DEV)