Selebriti Dunia yang Berjuang Melawan Preeklampsia

Timi Trieska Dara 16 Agustus 2018 07:16 WIB
kehamilan
Selebriti Dunia yang Berjuang Melawan Preeklampsia
Beberapa selebriti dunia selamat dari preeklampsia dan beberapa diantaranya di bawah ini. (Foto: Courtesy of Breatheheavy.com)
Jakarta: Komplikasi kehamilan dapat terjadi pada calon ibu, tak terkecuali selebriti. Salah satu masalah kehamilan yang sering muncul adalah Preeklampsia. Preeklampsia ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urine (proteinuria), dan pembengkakan pada kaki (edema). 

Penyebab pasti preeklampsia belum diketahui sehingga masih sulit untuk dicegah. Jika makin parah, sindrom ini dapat berujung pada kematian. 

Beberapa selebriti dunia selamat dari preeklampsia dan beberapa diantaranya di bawah ini.


(Baca juga: Makanan yang Efektif Sembuhkan Edema)

1. Beyonce 
Pada majalah Vogue edisi September 2018, Beyonce mengungkapkan pengalamannya dengan preeklampsia saat hamil si kembar Rumi dan Sir. Penyanyi dan penulis lagu itu menghabiskan waktu satu bulan di tempat tidur sebelum operasi caesar pada Juni 2017. Bayi kembarnya pun dirawat intensif beberapa pekan. Istri Jay-Z itu mengaku "bertahan hidup" sampai melahirkan.


(Komplikasi kehamilan dapat terjadi pada calon ibu, tak terkecuali selebriti. Salah satu masalah kehamilan yang sering muncul adalah Preeklampsia. Preeklampsia ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urine (proteinuria), dan pembengkakan pada kaki (edema). Foto: Freestock.org/Unsplash.com)

2. Kim Kardashian
Setelah menjadi korban fat shaming-komentar negatif terhadap orang berbadan gemuk, Kim mengaku benar-benar berjuang melawan preeklampsia. Dia mengaku mengalami pembengkakan besar dan tekanan darah yang melonjak.

Kondisi itu mengharuskan Kim untuk menginduksi persalinan lima pekan lebih awal, meskipun Kim melahirkan secara normal untuk putrinya, North.

3. Mariah Carey
Selain diabetes gestational, Mariah mengalami preeklampsia saat hamil kembar Monroe dan Moroccan. Tekanan darah tinggi saat hamil itu mengharuskan penyanyi bersuara tinggi itu menjalani operasi caesar.

Meski belum diketahui penyebabnya, para ibu hamil dapat memperkecil kemungkinan timbunya preeklampsia dengan diet makanan, istirahat yang cukup, dan rutin memeriksa kehamilan. Jika berat badan bertambah (edema), kurangi konsumsi garam.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id