Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Tips Memilih Multivitamin untuk Anak

Rona tumbuh kembang anak
Raka Lestari • 03 Juli 2020 18:05
Jakarta: Ada banyak jenis multivitamin yang bisa diberikan pada anak. Mulai dari yang berbentuk sirup, tablet hisap, bahkan ada yang berbentuk gummy atau permen jelly. Dan bagi orang tua, sebelum memilih multivitamin untuk anak sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
 
“Dalam memilih multivitamin untuk anak, orang tua sebaiknya mengetahui apakah anak suka atau tidak. Pilihlah multivitamin yang disukai anak. Atau mungkin bisa memilih multivitamin dengan bentuk yang menarik,” ujar dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager of Kalbe Consumer Health, dalam Media Talk show Online bertajuk #GerakanTanganABC, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Lebih lanjut dr. Helmin menambahkan, selain bentuk, multivitamin juga ada banyak memiliki rasa. Dan dengan memberikan multivitamin yang memiliki rasa, anak bisa belajar mengenali rasa dari makanan. Namun yang pasti pilih yang kandungan nutrisinya lengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dan orang tua juga perlu melihat kemasan multivitamin untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam multivitamin. Standar kandungan yang harus ada adalah vitamin dan mineral. Orang tua juga harus memerhatikan kandungan gula dalam multivitaminnya,” tutur dr. Helmin.
 
Menurut dr. Helmin, dalam memilih multivitamin usahakan tidak memilih yang mengandung gula berlebihan. Hal ini karena kalau anak dari kecil saja sudah mengonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan mereka mengalami sugar rush. Sehingga nantinya mereka jadi suka gula.
 
“Memilih multivitamin untuk anak sebaiknya yang sesuai dengan standar angka kebutuhan gizi harian mereka. Dan yang terpenting adalah kebutuhan makronutrien dan mikronutrien bisa tercukupi. Kalau untuk makronutrien mungkin bisa dari makanan, tetapi kalau mikronutrien bisa dari multivitamin itu sendiri,” ujar dr. Helmin.
 
Sementara dr. Margareta Komalasari, Sp.A - Dokter Anak dan Anggota IDAI Jaya, juga menambahkan bahwa dalam memilih multivitamin sebaiknya ketahui terlebih dulu kondisi anak. Kondisi anak tentunya bisa berbeda-beda. Ada anak yang mungkin saluran pencernaannya sensitif terhadap satu bahan, itu sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu.
 
“Kalau kondisi anak mengalami masalah tertentu, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak. Hal ini untuk mengetahui apa yang bisa dikonsumsi dan apa yang tidak bisa dikonsumsi oleh anak,” tutup dr. Margareta.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif