Dalam kaidah psikologi, eco anxiety atau kecemasan lingkungan adalah keadaan di mana terjadinya peningkatan kecemasan bagi sebagian orang atas perubahan iklim. (Foto: Pexels.com)
Dalam kaidah psikologi, eco anxiety atau kecemasan lingkungan adalah keadaan di mana terjadinya peningkatan kecemasan bagi sebagian orang atas perubahan iklim. (Foto: Pexels.com)

Terserang Eco Anxiety

Rona psikologi
Dhaifurrakhman Abas • 04 Juni 2019 13:54
Eco anxiety atau kecemasan lingkungan adalah keadaan di mana terjadinya peningkatan kecemasan bagi sebagian orang atas perubahan iklim dan ancaman pemanasan global lainnya. Krisis lingkungan ini pun kian berkembang. Diperkirakan menyerang jutaan orang di seluruh dunia karena merasa tertekan tentang masa depan planet ini.
 

 
Jakarta: Pemanasan global menjadi masalah bersama penduduk bumi. Sebab, mau tak mau, semua orang ikut dibebankan dan merasakan efek dari penipisan lapisan ozon, pencairan es kutub, dan masalah lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, polemik ini kian buruk dari tahun ke tahun. Belum ada solusi konkret yang bisa memecahkan permasalahan tersebut. Kalaupun ada, saling timpang dan berakhir pada konflik kepentingan.
 
Jadi wajar saja semua orang khawatir dengan ancaman pemanasan global yang semakin mengancam bumi, rumah mereka. Namun, seberapa besar tingkat kekhawatiran Anda? Apakah Anda sering kewalahan memikirkan pemanasan global sampai pada taraf stres?
 
Jika iya, maka kemungkinannya Anda terserang eco anxiety. Dalam kaidah psikologi, eco anxiety atau kecemasan lingkungan adalah keadaan di mana terjadinya peningkatan kecemasan bagi sebagian orang atas perubahan iklim dan ancaman pemanasan global lainnya.
 
Baru-baru ini, bahkan, kecemasan itu disebut sebagai gangguan psikologis. Krisis lingkungan ini pun kian berkembang. Diperkirakan menyerang jutaan orang di seluruh dunia karena merasa tertekan tentang masa depan planet ini.
 
Melansir Times of India, beberapa psikolog kedatangan orang-orang yang menderita kecemasan ini. Mereka mendatangi para psikolog dan menuntut jaminan keselamatan atas ancaman perubahan iklim.
 
Terserang <i>Eco</i> <i>Anxiety</i>
(Eco anxiety atau kecemasan lingkungan adalah keadaan di mana terjadinya peningkatan kecemasan bagi sebagian orang atas perubahan iklim dan ancaman pemanasan global lainnya. Foto: Pexels.com)
 
Mereka yang datang terlihat amat ketakutan, stres, merasa bersalah, panik, tidak berdaya. Banyak juga yang sampai terserang permasalahan tidur kronis karena khawatir akan kondisi dunia yang memburuk.
 
Selain itu, mereka menderita tekanan psikologis setiap kali terjadi bencana alam. Begitu kiranya gejala-gejala ketika seorang terserang kecemasan lingkungan, menurut sebuah laporan dari American Psychological Association.
 
Laporan itu juga menyebutkan, kejayaan media sosial dan internet semakin meningkatkan kecemasan lingkungan di kalangan anak-anak muda. Lantas, apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi kecemasan lingkungan?
 
Masalah lingkungan adalah tantangan besar. Kita tidak dapat menyangkal bahwa dampaknya bisa amat merusak planet bumi. Namun, Anda diharapkan untuk tetap tenang.
 
Anda juga dapat meminta bantuan dari psikolog untuk mengurangi kecemasan Anda. Selain itu, latih pernapasan, kelola siklus tidur dengan baik juga berolahraga. Namun yang paling penting, cobalah memulai mengerjakan hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk merawat lingkungan di sekitar Anda.
 
Konsultasikan ke psikolog di Ciputra Medical Center, Klinik Terpadu - Fakultas Psikologi UI, atau di Smart Mind Center Consulting jika Anda juga merasakan tertekan atau hal yang sama.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif