Penggunaan skincare pada saat kulit sedang iritasi atau alergi tergantung pada kondisi kulit itu sendiri. (Ilustrasi/Pexels)
Penggunaan skincare pada saat kulit sedang iritasi atau alergi tergantung pada kondisi kulit itu sendiri. (Ilustrasi/Pexels)

Bolehkah Menggunakan Skincare saat Kulit Iritasi?

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 18 Januari 2020 14:05
Jakarta: Gejala alergi umumnya timbul beberapa saat hingga beberapa jam setelah tubuh terpapar dengan alergen. Biasanya gejala alergi terlihat dari tubuh yang bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, mulut, lidah, dan tenggorokan.
 
Ruam atau kemerahan, bersin dan batuk, mual muntah, gatal pada kulit, dan gejala-gejala lainnya.
 
“Kalau yang wajahnya rentan pada alergi atau sensitif sebaiknya harus lebih hati-hati. Pilihlah produk yang hypo allergenic dan dermatologist tested. Kalau gatal, panas, dan merah harus stop langsung produk yang jadi penyebabnya itu,”  ujar dr. Indah Widyasari, SpKK, Dokter kulit dan kecantikan dalam acara Peluncuran Wardah White Secret Series, di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 16 Januari 2020. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menghentikan produk yang menjadi penyebab alergi atau iritasi, dr. Indah juga menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan seperti krim anti-peradangan.
 
Penggunaan skincare pada saat kulit sedang iritasi atau alergi tergantung pada kondisi kulit itu sendiri. “Tergantung kulitnya, kalau iritasi stop saja dulu kemudian lakukan peninjauan kembali apa yang kemungkinan menjadi penyebabnya atau bisa juga melihat kandungan dari produk tersebut,” tambah dr. Indah. 
 
Ketika mengalami iritasi, sebaiknya juga tidak melakukan eksfoliasi pada kulit. Meskipun memang eksfoliasi bisa mengurangi kulit yang kusam. “Kulit yang kusam biasanya berasal dari faktor luar, seperti paparan matahari, radikal bebas, cuaca ekstrem, dan dari dalam tubuh bisa juga karena kurang minum serta sirkulasi darah yang tidak baik,” ujar dr. Indah. 
 
“Akan tetapi eksfoliasi harus hati-hati karena scrub pada kulit sensitif nanti bisa menyebabkan iritasi. Eksfoliasi sendiri biasanya ada pada beberapa produk seperti sabun, kemudian juga night cream. Eksfoliasi memang berguna untuk memperbarui kulit yang kusam sehingga bisa digantikan dengan sel kulit yang baru,” tutup dr. Indah.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif