Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mendapat pesan yang menyulut emosi. (Foto: Pexels.com)
Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mendapat pesan yang menyulut emosi. (Foto: Pexels.com)

Tiga Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mendapat Pesan yang Menyulut Emosi

Rona psikologi
Kumara Anggita • 23 Mei 2019 08:00
Saat mendapat pesan yang menyulut emosi menurut Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib memberikan tips, yaitu cek fakta kebenarannya, kurangi bermedia sosial, dan jangan sebarkan isi pesan yang membuat Anda emosi atau resah.
 

Jakarta: Dalam keadaan rusuh, banyak pesan-pesan yang bermunculan di media sosial. Buruknya, pesan-pesan tersebut tak mengandung informasi yang benar dan hanya menyulut emosi semata. Tak punya daya untuk mengendalikan pesan tersebut. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghadapinya?
 
Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mendapat pesan yang menyulut emosi menurut Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib.

1. Cek fakta

Semua orang bisa menulis apa saja sesuai dengan keinginannya di media sosial. Ini bertujuan agar semakin banyak orang mengklik dan terbawa pada apa yang ingin mereka sampaikan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, untuk setiap pesan yang Anda terima cek dulu sumbernya dari mana. Apakah sumber tersebut terpercaya. Jika Anda sudah melihat kebenaranya, maka Anda bisa berpikir dengan jernih.
 
“Untuk menghadapi hoaks agar tidak terbawa emosi, pertama kita harus cari tahu kebenaran hoaks dan hal-hal lain yang menyulut emosi dalam keadaan genting ini. Jika kita tahu kebenarannya, maka kita lebih bisa berpikir secara rasional,” ujarnya pada Medcom.id di Jakarta, Rabu 22 Mei 2019.
 
Tiga Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mendapat Pesan yang Menyulut Emosi
(Saat mendapat pesan yang menyulut emosi menurut Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib memberikan tips salah satunya yaitu cek fakta kebenarannya dan kurangi bermedia sosial. Foto: Pexels.com)

2. Kurangi main media sosial 

Media sosial adalah tempat semua orang berekspresi jadi Anda bisa melihat orang-orang menyebarkan segala jenis informasi yang bersesuaian dengannya. 
 
Ketika Anda sudah membaca sesuatu yang membuat Anda gemar, baiknya Anda istirahat buka telepon genggam dan melakukan aktivitas lain. Dengan seperti itu, fokus Anda akan beralih ke tempat lain dan Anda pun jadi lebih produktif.
 
“Selain itu sebisa mungkin mengurangi memainkan sosial media. Kalau kita memang sudah terpancing emosi, stop membuka media sosial,” paparnya.
 
Jika Anda merasa sudah lebih baik, Anda bisa membuka kembali telepon genggam Anda dan mulailah dengan membuka sumber yang terpercaya untuk mendapatkan berita terbaru. Biasanya, sumber terpercaya tidak menyediakan konten yang secara gamblang mau mempermainkan emosi Anda.

3. Jangan sebarkan apa-apa

Ketika pesan yang Anda terima begitu menarik karena telah mengguncang emosi Anda, maka hal yang biasa Anda lakukan secara sadar atau tidak sadar adalah membagikannya kembali. 
 
Inilah tujuan dari pembuatnya. Membuat Anda berkesan lalu mendorong orang sebanyak mungkin untuk membantu kontennya menjadi viral. 
 
Jadi perlu diingat sehebat apapun pesan yang Anda terima. Selama itu belum pasti dan berasal dari sumber yang tak dapat dipercaya, maka biarkanlah pesan itu berhenti di Anda. 
 
“Hal ini karena penelitian-penelitian membuktikan ketika kita emosi, kita akan lebih cepat untuk menyebarkan berita hoaks dan akan lebih cepat viral dan memengaruhi lebih banyak orang,” katanya.
 
Jangan biarkan mereka mengendalikan emosi Anda karena dengan emosi yang tak terkontrol, Anda dengan mudah dimanipulasi. Inilah tujuan utamanya. Membawa Anda ke jalan yang salah. 
 
Tenanglah dan gunakan rasio Anda dalam keadaan genting. Dengan seperti itu, Anda akan terjauh dari risiko-risiko buruk yang membahayakan keselamatan Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif