ilustrasi--tubuh butuh beradaptasi dari pergerakan sedikit menuju aktivitas masif-Pexels.
ilustrasi--tubuh butuh beradaptasi dari pergerakan sedikit menuju aktivitas masif-Pexels.

Pentingnya Melakukan Peregangan Sebelum Berolahraga

Rona olahraga
Dhaifurrakhman Abas • 29 Juni 2019 11:08
Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga atau aktivitas masif, disarankan untuk melakukan perenggangan. Hal itu untuk menghindari cidera.
 

Jakarta: Bagi Anda yang akan melakukan gerakan aktivitas berat semacam olahraga disarankan untuk melakukan peregangan. Sebab tubuh butuh beradaptasi dari pergerakan sedikit menuju aktivitas masif.
 
Munmun Ganeriwal, seorang ahli gizi dan konsultan yoga mengatakan, selain sebagai gerakan transisi, ada alasan khusus mengapa Anda tidak boleh melewatkan pemanasan sebelum berolahraga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika Anda melakukan pemanasan, detak jantung, laju pernapasan, dan suhu tubuh inti secara bertahap meningkat, mempersiapkan tubuh dan sistem untuk aktivitas fisik. Ini membantu mencegah cedera serius," kata Ganeriwal, seperti dikutip Times of India.
 
Selain itu, melakukan peregangan juga diperlukan untuk meningkatkan kinerja otot serta mengurangi resistensi Otot. Dia juga mengatakan, peregangan membantu meningkatkan suplai oksigen dari alaran otot ke jantung dan rangka. “Anda juga bisa mengurangi risiko nyeri otot setelah berolahraga,” tambahnya.
 
Meski penting dilakukan, namun gerakan pemanasan ternyata ada aturannya. Menurut Ganeriwal, Komponen dasar pemanasan yang baik adalah dengan melakukan gerakan peregangan selama lima hingga sepuluh menit sebelum berolahraga.
 
“Misalnya dengan melakukan aktivitas kardio seperti berjalan lambat, joging lambat, bersepedadan sebagainya. Anda harus melakukan gerakan pemanasan seperti lingkaran bahu, rotasi leher. Anda juga harus melakukannya dengan intensitas rendah hingga sedang,” beber dia.
 
Dia juga menganjurkan melakukan gerakan pemanasan selalu spesifik dengan jenis olahraga yang bakal dilakukan. Misalnya, jika sesi latihan Anda terdiri dari jalan cepat, maka berjalan lambat akan menjadi pemanasan yang ideal untuk Anda.
 
Demikian pula, jalan cepat berfungsi sebagai pemanasan yang tepat bagi mereka akan melakukan joging. Sementara itu, bagi Anda yang memilih olahraga yang menggerakan seluruh tungkai dan sendi seperti kick boxing maupun yoga, Anda perlu melakukan gerakan pemanasan yang lebih spesifik lagi.
 
“Misalnya dengan melakukan  pukulan dan tendangan intensitas rendah. Ini dilakukan sebagai gerakan pemanasan sebelum kelas kickboxing. Anda juga dianjurkan melakukan beberapa putaran suryanamaskar, yang merupakan gerakan pemanasan sebelum Anda mengikuti serangkaian gerakan di kelas yoga,” tandas dia.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif