Cara Berhenti Menjadi People Pleaser, Kecenderungan Selalu Ingin Menyenangkan Orang Lain

Raka Lestari 17 September 2018 17:08 WIB
psikologi
Cara Berhenti Menjadi <i>People Pleaser</i>, Kecenderungan Selalu Ingin Menyenangkan Orang Lain
(Foto: Nerdy Creator)
Jakarta: Membahagiakan orang lain atau melakukan apa yang diinginkan orang lain selama ini selalu dianggap sebagai perbuatan yang baik. Namun keinginan untuk selalu memenuhi apa yang diinginkan orang lain secara berlebihan justru dapat membuat diri Anda merugi, bahkan bisa sampai membuat Anda tidak produktif, tidak bahagia baik itu secara fisik dan mental. 

Untuk itu, jangan sampai Anda terlalu fokus pada kebutuhan dan kebahagiaan orang lain sampai melupakan kebutuhan dan kebahagiaan diri sendiri. 

Dikutip dari Women's health, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fokus pada diri sendiri yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.


1. Berani katakan tidak

Ketika Anda mudah membantu orang lain, orang-orang akan selalu meminta lebih banyak dari Anda. Jika Anda merasa tidak ingin melakukannya, bisa mengatakan "tidak" dengan sopan kepada mereka. Dengan kalimat yang sederhana dan tegas itu, mereka tidak akan berusaha untuk membujuk mereka melakukan apa yang Anda inginkan. 

2. Lupakan daftar kegiatan harian Anda

Jika Anda merasa lelah dengan daftar kegiatan yang harus Anda lakukan setiap harinya, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Dengan keluar dari zona nyaman dan melakukan hal-hal yang Anda inginkan, Anda akan melakukan pencapaian yang lebih baik.

3. Jangan memberi secara berlebihan

Ketika Anda memberi terlalu berlebihan, Anda memiliki risiko yang besar untuk kecewa. Sebelum melakukan atau memberikan sesuatu kepada seseorang, tanyakan apakah itu baik-baik saja. Selalu terima apa yang ingin mereka berikan sebagai imbalan, meskipun itu hanya ucapan terima kasih. 

4. Pikirkan diri sendiri

Anda juga perlu memikirkan diri Anda, termasuk hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda merasa senang. Jika Anda mengabaikan hal-hal apa saja yang Anda inginkan, itu akan menghambat apa yang Anda bisa lakukan dalma hidup Anda. Dan tentu saja hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. 

5. Pikirkan apa yang Anda inginkan

Ketika Anda menginginkan sesuatu, bicarakan agar orang lain pun akan bersedia membantu Anda. Jika selalu melakukan apa yang orang lain minta tetapi tidak sebaliknya, maka orang lain pun akan mengakuinya sehingga mereka akan selalu meminta lebih dari Anda tanpa memikirkan keinginan Anda. 

Lihat video:






(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id