Daun jambu biji juga dianggap sebagai pereda nyeri alami saat diare. (Ilustrasi/Pexels).
Daun jambu biji juga dianggap sebagai pereda nyeri alami saat diare. (Ilustrasi/Pexels).

Manfaat Luar Biasa dari Daun Jambu Biji

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 20 November 2019 14:09
Jakarta: Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu tentang buah jambu biji dan manfaat kesehatan yang dimilikinya. Tetapi, disadari atau tidak, daun jambu biji pun memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Khususnya, sebagai obat-obatan.
 
Daun jambu biji kaya akan antioksidan dan tanin. Daun ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri. Ketika daun jambu biji diseduh untuk dijadikan teh, akan melepaskan vitamin C dan flavonoid seperti quercetin, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
Daun jambu biji juga dianggap sebagai pereda nyeri alami saat diare. Caranya, bisa dijadikan teh atau mengonsumsi kapsul ekstrak daun jambu biji. Sementara itu, berdasarkan penelitian, daun jambu biji memiliki sifat antidiare. Berikut manfaat lainnya dari daun jambu biji, seperti dilansir boldsky.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Melawan obesitas
 
Ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan karena menghentikan pati kompleks yang berubah menjadi gula. Pertambahan berat sendiri terjadi ketika gula dimetabolisme oleh hati dan dikonversi menjadi lemak, yang kemudian disekresikan ke dalam darah.
 
2. Menurunkan kolesterol
 
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji selama berbulan-bulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa menimbulkan efek samping.
 
3. Mencegah kanker
 
Daun jambu biji kaya akan likopen, yang memiliki sifat melawan kanker serta dapat melawan kanker payudara, kanker prostat, dan kanker mulut. Menurut penelitian, daun ini memiliki kemampuan untuk menghentikan produksi androgen, hormon pria yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel kanker pada beberapa jenis kanker prostat.
 
Kemampuan kuat lain dari ekstrak daun jambu biji ialah dapat mengobati pasien dengan kanker lambung. Sebab, daun jambu biji mengandung quercetin, likopen, dan vitamin C yang memiliki sifat antikanker dan antitumor.
 
Kandungan tersebut bekerja dengan menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Cancer Letters menunjukkan bahwa minyak atsiri jambu biji dapat memperlambat aktivitas kanker pada pasien dengan kanker lambung, karena kaya akan konsentrasi tanin, aromandreno, triterpenoid, nerolidol, caryophyllene, beta bisabolene, dan p-selinene.
 
4. Mengontrol diabetes
 
Minum teh daun jambu biji dianggap bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, ekstrak daun jambu biji bahkan berkhasiat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.
 
5. Mengobati penyakit gusi
 
Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari daun jambu biji melindungi gigi dan gusi dari peradangan serta masalah gigi dan gusi. Hal ini dipaparkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Review.
 
6. Pengaruhi demam berdarah
 
Seseorang yang menderita demam berdarah memiliki jumlah darah yang rendah, sehingga asupan daun jambu biji dianggap sebagai cara yang baik untuk meningkatkan trombosit. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Medicines, cara ini membantu menghindari pendarahan.
 
7. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
 
Daun jambu biji juga baik untuk kulit Anda karena dapat membantu menghilangkan jerawat, meringankan bintik-bintik hitam, dan menghilangkan keriput. Selain itu, daunnya juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif