Ilustrasi--buah ceri biasanya dapat dengan mudah ditemukan pada saat musim panas--pexels
Ilustrasi--buah ceri biasanya dapat dengan mudah ditemukan pada saat musim panas--pexels

Beberapa Manfaat Buah Ceri

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 02 Juli 2019 14:28
Buah ceri ternyata memiliki segudang nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya menghentikan pertumbuhan sel kanker.
 

Jakarta: Buah ceri yang manis dan menyegarkan ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah ceri biasanya dapat dengan mudah ditemukan pada saat musim panas. Salah satu manfaat yang paling menonjol dari buah ceri adalah mencegah penyakit yang dapat meningkatkan sistem imunitas yang sering diabaikan.
 
Dan dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah ceri:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mencegah kanker dan inflamasi
 
Buah ceri dapat menangkal radikal bebas yang dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan beberapa jenis kanker dapat dihambat antosianin yang ditemukan di buah ceri. Buah ceri bahkan terdaftar di American Institute for Cancer Research sebagai makanan yang dapat melawan kanker. Antioksidan yang terdapat dalam buah ceri juga dapat membantu mengurangi peradangan.
 
"Buah ceri dapat mengurangi inflamasi karena mereka benar-benar sarat dengan antioksidan," kata ahli gizi Keith Ayoob. seperti dilansir
 
Mencegah terjadinya asam urat
 
Lisa Richards, ahli gizi dan pencipta The Candida Diet mengatakan, buah ceri juga telah terbukti mengurangi kadar asam urat dalam aliran darah, yang dapat membantu mengurangi timbulnya asam urat.
 
"Satu studi menunjukkan bahwa makan ceri dapat menurunkan kadar asam urat sekitar 15 persen. Itu adalah penurunan yang signifikan dan dapat membantu mencegah serangan encok," kata Lisa Richards.
Beberapa Manfaat Buah Ceri
Ilustrasi--Pexels.
 
Mencegah otak dan terkena Alzheimer
 
Sementara berdasarkan penuturan ahli gizi Laura Cason, buah ceri meningkatkan daya ingat dan fungsi otak karena antosianin dan flavonoidnya. Fenol (quercetin, kaempferol, dan isorhamnetin) yang terdapat dalam buah ceri dapat membantu melindungi sel dari stres oksidatif dan telah terbukti memiliki kemampuan anti-neurodegeneratif.
 
Membantu tidur lebih nyenyak
 
Ahli gizi Jennifer Glockner menuturkan, berdasarkan penelitian telah menunjukkan bahwa buah ceri dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur dalam tiga hari . Ia juga menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 25 ceri atau satu cangkir buah ceri setiap harinya untuk mendapatkan manfaatnya. Buah ceri mengandung melatonin yang merupakan hormon pemicu tidur.
 
Nate Masterson, pakar kesehatan  dari Maple Holistics mengungkapkan segelas jus ceri sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia dan sangat meningkatkan kualitas tidur Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif