(Risiko penyakit jantung bisa berkurang seiring timbulnya kesadaran untuk menjalankan gaya hidup yang sehat. Foto: Pixabay.com)
(Risiko penyakit jantung bisa berkurang seiring timbulnya kesadaran untuk menjalankan gaya hidup yang sehat. Foto: Pixabay.com)

Terbebas dari Penyakit Jantung ala Negeri Sakura

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 17 Mei 2019 17:09
Jepang, Korea dan Prancis merupakan negara yang memiliki tingkat risiko penyakit jantung terendah. Wajar saja. Masyarakat negara-negara tersebut memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang mampu mencegah penyakit jantung menyerang mereka.
 
Jakarta:
Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di banyak negara, termasuk Indonesia. Stres, gaya hidup tidak sehat, dan obesitas merupakan beberapa faktor utama yang berkontribusi meningkatkan penyakit jantung.
 
Berdasarkan data, angka kematian karena masalah jantung di Indonesia kian menukik dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan menjamah korban berusia remaja. Berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi penyakit jantung di Indonesia mencapai 1,5 persen, yang artinya, ini merupakan masalah serius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam situasi ini tentu negara mendambakan masyarakat yang sehat dan terbebas dari penyakit jantung. Misalnya saja seperti negara Jepang, Korea dan Prancis, yang merupakan negara dengan penyakit jantung terendah.
 
Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa negara-negara itu terbebas dari serangan jantung karena gaya hidup masyarakat mendukung mereka jauh dari risiko penyakit jantung. Berikut adalah daftar hal yang sering dilakukan masyarakat di negara-negara tersebut untuk menjaga kesehatan jantung mereka.
 
1. Makanan fermentasi
 
Boleh dikata, makanan fermentasi adalah makanan pokoknya orang Korea. Mereka merasa tak akan lengkap mengonsumsi makanan tanpa Kimchi, yang merupakan lauk fermentasi.
 
Banyak ahli gizi telah membuktikan manfaat makanan fermentasi sejak lama. Makanan ini terkenal kaya manfaat dan baik untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga kekuatan jantung.
 
Bukan hanya itu. Makanan fermentasi digadang-gadanng mampu meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan usus, pencernaan, mendukung penurunan berat badan, dan bahkan meningkatkan kesehatan mental.
 
2. Ikan
 
Jika Anda ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, maka sertakan ikan dalam asupan makanan Anda. Sesuai penelitian, makan satu atau dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko Anda mengalami komplikasi terkait jantung.
 
Sebab, ikan dikemas dengan asam lemak omega-3, yang dapat menjaga jantung Anda tetap kuat. Hal ini juga dibuktikan oleh Jepang dan Korea. Hidangan ikan mendominasi masakan negara tersebut yang merupakan rahasia jantung masyarakat tetap sehat.
 
3. Teh herbal
 
Teh hijau dan teh herbal juga disebut mampu melestarikan kesehatan jantung Anda. Soalnya jenis teh ini mengandung anti-oksidan yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap terkendali, demikian kata berbagai penelitian.
 
Sementara orang-orang di belahan dunia lain memilih menyeduh kopi sambil bersantai atau bersosialisasi, orang Jepang dan Korea memilih teh hijau dan herbal untuk dikonsumsi sehari-hari.
 
4. Kurangi daging merah
 
Menurut beberapa penelitian, orang yang mengurangi asupan daging merah secara signifikan meningkatkan kesehatan serta mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Hal ini juga dubuktikan oleh negara Jepang.
 
Negara matahari terbit ini merupakan negara yang masyarakatnya jarang mengonsumsi daging merah dibandingkan dengan negara lainnya. Ketimbang daging merah, masyarakat Jepang memilih memenuhi kebutuhan protein harian dengan mengonsumsi daging tanpa lemak yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko jantung.
 
5. Aktif
 
Bukan rahasia jika masyarakat Jepang dan Korea memiliki kebiasaan aktif bergerak hampir setiap hari. Aktif yang dimaksud bukan karena mereka pergi ke pusat kebugaran setiap hari atau berolahraga selama berjam-jam, tetapi karena mereka sering berjalan kaki dan bersepeda.
 
Serupa, orang-orang Prancis lebih suka berdiri menunggu transportasi umum untuk bepergian ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Meski terlihat sepele, kebiasan ini nyatanya membantu mereka mengatasi masalah terkait jantung. Sesuai survei Kebugaran Kanada, orang yang berdiri hampir sepanjang hari memiliki harapan hidup yang lebih lama.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif