Ruang Polusi yang terdapat di Kota Madrid, Spanyol. (Foto: WHO.int)
Ruang Polusi yang terdapat di Kota Madrid, Spanyol. (Foto: WHO.int)

Kamar Polusi untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Rona polusi udara
Kumara Anggita • 09 Desember 2019 15:07
Jakarta: Permasalahan polusi udara belum terselesaikan hingga hari ini. Hal ini menginspirasi seniman asal kota Madrid Spanyol untuk memberikan pesan-pesan melalui karya seninya. Seperti Pollution Pods atau ruang polusi.
 
Instalasi ini membuat kamu benar-benar merasakan situasi dari berbagai tempat. Kamu dapat menghirup udara dengan kualitas bersih sampai yang terburuk di kota-kota tertentu.
 
Anda bisa merasakan udara bersih di Oslo, Norwegia. Udara berpolusi kategori menengah di London, Inggris. Sampai kota dengan udara terburuk di Sao Paolo (Brasil), New Delhi (India), Beijing (Tiongkok).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami dapat ke Norwegia dengan udara paling bersih. Kemudian ke London dengan bau yang aneh dan bikin pusing. Dan lanjut ke New Delhi yang sampai bikin semua orang menutup mulut dan bikin mual dan pusing. Semua orang menutup hidung dan mata, gatal semua," Ungkap Mahasiswa, Jacquiline Brenhauer.
 
Pollution pods ini tidak hanya mampu mereplikasi udara dari kota-kota tersebut namun juga memberitahukan pada masyarakat efek yang dibuat pada kesehatan dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa terbuka pikiran dan hatinya dan mau ikut berpartisipasi dalam menjaga kelangsungan lingkungan, khususnya udara.
 
Nampaknya, Indonesia juga perlu instalasi semacam ini agar masyarakat sadar seberapa buruknya kualitas udara yang ada dan mau bersama-sama memperbaikinya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif