Lakukan isolasi diri dan menjaga jarak baik di dalam keluarga maupun di luar rumah. (Foto: Pexels.com)
Lakukan isolasi diri dan menjaga jarak baik di dalam keluarga maupun di luar rumah. (Foto: Pexels.com)

Penularan Covid-19 bisa Tanpa Gejala, Lakukan Tips Ini

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 29 Maret 2020 11:49
Jakarta: Penularan penyakit covid-19 (new coronavirus) bisa terjadi tanpa gejala. Artinya, bisa saja Anda terpapar virus namun tidak memiliki gejala sakit seperti demam dan sesak napas. 
 
Bahkan pada kelompok usia muda dengan daya tahan tubuh yang baik, infeksi bisa terjadi dan tidak menimbulkan keluhan apapun. Bisa juga menimbulkan keluhan yang terasa sangat ringan. Hal ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.
 
"Misalnya merasakan demam ringan yang dimaknai biasa saja, sehingga tanpa disadari kondisi tubuh yang ngandung virus dia sebarkan ke mana-mana melalui kontak di luar rumah atau saudara-saudaranya di rumah," ujar Yuri, sapaannya, di Kantor BNPB, Jumat, 27 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila mengenai kelompok rentan, baik orang yang berusia tua atau orang yang memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, maka dampak serius akan berbeda daripada yang dialami anak muda. Oleh karena itu, masyarakat diajak untuk terus mengingat dan menerapkan sejumlah upaya penting.
 
Untuk mengantisipasinya, lakukanlah sejumlah upaya. "Mari kita sama-sama miliki kesepahaman untuk melindungi yang sakit agar bisa isolasi diri dengan baik, agar tidak menularkan ke orang lain, agar tidak kontak dekat dengan orang, dan agar dia tetap di rumah," paparnya.
 
Tindakan tersebut harus dilakukan terhadap siapapun, baik di rumah maupun di luar rumah. Hal yang menjadi keprihatinan saat ini ialah masih banyaknya masyarakat yang tidak memerhatikan hal itu, masih bepergian ke luar rumah di luar urusan mendesak. 
 
"Kedua, mari kita lindungi yang sehat, sadari orang yang di sekitar jangan sampai sakit. Oleh karena itu, jalankan isolasi di rumah dengan baik. Gunakan masker, jaga jarak dengan keluarga di rumah (physical distancing)," tuturnya.
 
Lantaran kecil kemungkinannya bertemu dengan orang yang menunjukkan gejala sakit berat ketika berada di luar rumah, tapi orang yang positif dengan gejala sakit ringan memiliki peluang besar untuk kemudian menularkan ke orang lain. Physical distancing pun menjadi tindakan paling tepat yang bisa dilakukan masyarakat.
 
"Sama-sama jaga jarak dalam berkomunikasi, ambil jarak aman dua meter. Bukan hanya di luar saja tapi juga di dalam rumah," imbaunya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif