NEWSTICKER
Salah satu cara untuk mencegah penularan virus covid-19 selain menjaga imunitas tubuh adalah dengan selalu melakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). (Ilustrasi/Pexels)
Salah satu cara untuk mencegah penularan virus covid-19 selain menjaga imunitas tubuh adalah dengan selalu melakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). (Ilustrasi/Pexels)

Cuci Tangan dengan Sabun Cegah Penularan Covid-19

Rona covid-19
Raka Lestari • 06 Maret 2020 08:05
Jakarta: Salah satu cara untuk mencegah penularan virus covid-19 selain menjaga imunitas tubuh adalah dengan selalu melakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
 
Jika tidak terdapat air dan sabun, bisa diganti dengan menggunakan hand sanitizer. Namun hal tersebut tidak seefektif sabun dan air dalam menghilangkan kuman di tangan. 
 
“Lima waktu penting untuk mencuci tangan adalah pada sebelum makan, sesudah buang air besar, sebelum memegang bayi, sesudah menceboki anak, sebelum siapkan makanan,” ujar Dr. dr. Dewi Sumaryani Soemarko, M.S.SpOk, dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, dalam acara Seminar Covid-19, di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Maret 2020. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Cuci tangan harus dengan menggunakan sabun dan air mengalir, itu yang harus selalu dilakukan. Dengan sering mencuci tangan tersebut, kulit memang akan menjadi lebih kering. Oleh karena itu sebaiknya jangan lupa menggunakan pelembap di tangan,” tambah dr. Dewi. 
 
Menurut dr. Dewi, frekuensi cuci tangan yang cukup adalah sebanyak 5 kali, menurut dr. Dewi.
Hal ini karena kelembapan juga merupakan sesuatu yang penting, terutama bagi penderita diabetes.
 
“Bagi penderita diabetes, kalau tangannya menjadi kering karena terlalu sering mencuci tangan kan bisa menyebabkan luka, luka itulah yang sulit sembuh jika seseorang menderita diabetes,” tambah dr. Dewi.
 
Ia menyarankan untuk selalu menggunakan pelembap di daerah tangan untuk mencegah kulit tangan menjadi kering setiap sebelum tidur. Selain mencuci tangan, dr Dewi juga mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terjangkit covid-19 seperti menutup mulut dan hidung Anda saat batuk dan bersin.
 
Selain itu masak daging dan telur dengan matang, menjaga jarak dengan seseorang yang menunjukkan gejala seperti flu, dan hindari kontak langsung tanpa Alat Pelindung Diri (APD) dengan hewan liar dan hewan ternak. 
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif