Saat ini tak semua anak bisa mendapatkan vaksinasi yang sesungguhnya bermanfaat bagi kesehatan mereka. Ini karena banyak anggapan-anggapan mengerikan yang beredar.. (Ilustrasi/Pexels)
Saat ini tak semua anak bisa mendapatkan vaksinasi yang sesungguhnya bermanfaat bagi kesehatan mereka. Ini karena banyak anggapan-anggapan mengerikan yang beredar.. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Benar Vaksinasi Menyebabkan Autisme?

Rona autisme pada anak
Kumara Anggita • 02 Juli 2020 16:03
Jakarta: Saat ini tak semua anak bisa mendapatkan vaksinasi yang sesungguhnya bermanfaat bagi kesehatan mereka. Ini karena banyak anggapan-anggapan mengerikan yang beredar.
 
Salah satu anggapan yang sering terdengar adalah vaksinasi bisa menyebabkan autisme. Apakah ini benar? 
 
dr. Caessar Pronocitro, Sp. A, M. Sc, Dokter Spesialis Anak dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya menjelaskan bahwa anggapan ini hanyalah sebuah mitos. Vaksinasi tidak bisa membuat anak menjadi autis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggapan ini menurutnya muncul sejak tahun 1998 dan sudah diklarifikasi berulang-ulang kali namun tetap dipercayai banyak orang. “Hoaks mengenai kaitan vaksin MMR dengan autisme bermula dari penelitan seorang dokter bedah bernama Wakefield dengan hanya 18 sampel di tahun 1998 dan sudah dibongkar sejak 2011,” ujarnya dalam Webinar Pentingnya Vaksinasi untuk Anak.
 
Penelitian yang dilakukan oleh dokter Wakefield ini dianggap tidak valid karena tidak memadai secara sampel. “Berbagai penelitian lain yang lebih sahih dan melibatkan sampel jauh lebih besar membuktikan tidak ada kaitan vaksin MMR dengan autisme. Kemungkinan, usia pemberian vaksin MMR (sekitar 1 tahun) bertepatan dengan usia di mana gejala-gejala autisme mulai tampak, sehingga seolah-olah berkaitan,” ungkapnya.
 
Vaksinasi merupakan bentuk pencegahan penyakit paling efektif dan efisien sehingga telah diterapkan oleh semua negara di dunia. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi untuk memberikan vaksinasi pada anak.
 

 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif