Kesedihan harus diambil jalan keluarnya. Meminum antidepresan tidak menghilangkan kesedihan Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Kesedihan harus diambil jalan keluarnya. Meminum antidepresan tidak menghilangkan kesedihan Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Apakah Antidepresan Bisa Dipakai untuk Mengobati Kesedihan?

Rona psikologi kesehatan mental
Kumara Anggita • 01 Juni 2020 09:00
Jakarta: Kesedihan yang mendalam suka dimiripkan dengan depresi. Ini karena keduanya membagikan gejala yang hampir serupa. Namun pada dasarnya kesedihan dan depresi adalah dua hal yang berbeda. 
 
Dilansir dari Help Guide kesedihan membuat Anda merasa seperti naik roller coaster di mana Anda merasakan emosi yang bercampur (baik dan buruk). Sementara depresi adalah perasaan hampa dan putus asa secara konstan.
 
Anda tidak hanya sedih namun depresi ketika Anda merasa bersalah yang mendalam dan meresap, memiliki pikiran untuk bunuh diri atau keasyikan dengan kematian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih punya perasaan putus asa atau tidak berharga, lambat bicara dan lambat bergerak, ketidakmampuan untuk berfungsi di rumah, bekerja, dan atau sekolah, atau melihat atau mendengar hal-hal yang tidak ada.

Bisakah antidepresan membantu kesedihan?

Minum antidepresan tidak menjamin hilangnya kesedihan Anda. Beberapa obat-obatan memang dapat meringankan beberapa gejala kesedihan, namun itu tidak dapat mengobati penyebabnya, yang merupakan kehilangan itu sendiri. 
 
Lebih jauh lagi, bila Anda mematikan rasa sakit yang harus diatasi dengan ini maka proses berkabung itu jadi tertunda.
 
Sebagai gantinya, ada langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil untuk mengatasi depresi dan mendapatkan kembali rasa bahagia Anda dalam hidup seperti:
 
- Hadapi perasaan Anda
- Ekspresikan perasaan Anda dengan cara yang kreatif
- Usaha menjaga hobi dan ketertarikan Anda
- Jangan biarkan orang lain menilai perasaan Anda dan mengatur perasaan Anda
- Rencanakan hari-hari menyenangkan seperti jalan-jalan dengan orang yang Anda sayangi
- Dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik Anda.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif