Naik turun tangga juga salah satu olahraga simpel yang mampu membakar kalori (Foto: Lindsay Henwood/Unsplash.com)
Naik turun tangga juga salah satu olahraga simpel yang mampu membakar kalori (Foto: Lindsay Henwood/Unsplash.com)

Olahraga Simpel yang Membakar Kalori

Rona olahraga
Dhaifurrakhman Abas • 16 Desember 2018 18:10
Jakarta: Niat berolahraga sudah dikumpulkan di dalam pikiran. Bermacam peralatan olahraga dibeli, ajakan kawan-kawan pun tak berani ditolak.
 
Tapi entah kenapa ujung-ujungnya rencana oalahraga menjadi sekadar wacana. Perkaranya klasik, terlampau sibuk bekerja.
 
Bagaimanapun, olahraga sangat penting dalam menjaga tubuh dan pikiran kita menjadi sehat dan bahagia. Kita perlu mencari jalan untuk mengakomodasi olahraga dalam jadwal nan sibuk tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi, jika Anda sedang berusaha keras untuk tetap bugar, tetapi tidak memiliki waktu yang cukup, Anda bisa mengikuti cara-cara yang dilansir Times of India ini. Tentu saja, tanpa memakan waktu Anda yang terlampau sibuk itu.
 
-Jalan kaki
Jalan kaki memiliki banyak manfaat, utamanya untuk kesehatan jantung. Hal ini karena berjalan kaki dapat meningkatkan denyut yang berdampak pada kekuatan otot jantung.
 
Percepatan denyut jantung juga bakal meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Jalan kaki secara teratur juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.
 
Coba biasakan berjalan kaki ketika hendak berangkat ke kantor. Jika kantor Anda jauh dari tempat tinggal, jangan khawatir, mulailah dengan satu menit berlalu-lalang berjalan, sembari menunggu kedatangan bus atau kereta.
 
-Naik dan Turun Tangga
Mari mulai dengan rutinitas latihan termudah, yaitu naik dan turun tangga. Untuk melakukan ini, Anda cukup bangun lebih pagi agar sampai di kantor lebih cepat.
 
Lalu manfaatkan tangga kantor dengan berjalan kaki mencapai ruang kerja. Agar kalori yang dibakar lebih maksimal, tekukan kaki setiap kali Anda melangkah di tiap-tiap anak tangga.
 
Anda juga dapat melakukan gerakan lunge, dengan memperlambat kecepatan ketika melewati dua hingga tiga tangga. Perlu diingat, semakin lambat gerakannya, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar.
 
-Bersepeda
Bersepeda ke tempat kerja barangkali bisa menjadi alternatif lain. Sebabnya, mengayuh sepeda dapat membakar sekitar 272 kalori di dalam tubuh setiap jamnya.
 
Selain mengayuh ke arah depan, Anda juga bisa mengayunkan pengayuh sepeda ke arah sebaliknya. Hal berikut itu bisa menambahkan sedikit beban pada pegangan sepeda.
 
-Angkat Barbel saat Mengemudi
Anda tentu bisa melatih otot dan membakar beberapa kalori bahkan saat mengemudi. Ya. Cukup membawa barbel ke dalam mobil Anda.
 
Ketimbang marah-marah di tengah kemacetan kota metropolitan, lebih baik mengangkat beban bukan? Tentu saja, Anda harus mematuhi seluruh rambu lalu lintas. Dan yang terutama dan teramat penting, Anda harus memiliki setidaknya sebuah mobil.
 
-Berdiri di Kereta
Berolahraga juga bisa Anda lakukan saat berada di dalam kereta. Cukup dengan mengikhlaskan kursi yang sedang Anda duduki itu kepada orang lain. Lalu berdirilah dengan rileks.
 
Berdiri ternyata banyak manfaatnya. Hasil penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology menyebut berdiri selama enam jam bisa membakar hingga 54 kalori. Apabila kebiasaan ini rutin dilakukan selama setahun, berat badan Anda bisa terpangkas hingga 2,5 kilogram tanpa perlu olahraga.
 
Lari Jadi Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif