Emilia Achmadi, (Foto: Raka Lestari/Medcom.id)
Emilia Achmadi, (Foto: Raka Lestari/Medcom.id)

Dampak Kekurangan Lemak pada Tubuh

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 24 Januari 2019 17:38
Jakarta: Meskipun lemak dianggap sebagai salah satu penyebab naiknya berat badan, ternyata lemak juga memiliki manfaat bagi tubuh. Namun perlu diperhatikan, bahwa lemak yang memiliki manfaat bagi tubuh adalah lemak tidak jenuh dan juga lemak tidak jenuh tunggal, yang bisa didapatkan dari jenis makanan nabati atau yang berasal dari tumbuhan.
 
“Lemak sangat penting, saking pentingnya kalau lemak tidak ada sama sekali dalam tubuh maka kita bisa mengalami masalah hormonal seperti hormon imbalance. Hormon imbalance itu adalah kondisi di mana tidak ideal jumlah konsumsi lemak dalam tubuh atau kandungan lemak yang salah dalam tubuh,” ujar Emilia Achmadi, seorang nutrisionis pada acara diskusi media dengan Bertolli, Kamis, 24 Januari 2019.
 
“Dan karena lemak berhubungan dengan masalah hormonal, maka kekurangan lemak juga akan berpengaruh pada kemampuan tubuh menyerap vitamin. Ada beberapa vitamin yang dalam proses penyerapannya membutuhkan lemak, seperti vitamin A, D,E, dan K. Jika kekurangan lemak, maka penyerapan vitamin-vitamin tersebut akan terganggu,” jelas Emilia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nutrisionis ini juga menambahkan bahwa lemak memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengontrol temperatur tubuh karena lemak disimpan di bawah permukaan kulit. Jika kekurangan lemak maka fungsi kontrol temperatur tubuh pun akan bermasalah.
 
“Otak kita juga sekitar tujuh puluh persen mengandung lemak, sehingga kalau kekurangan asupan lemak maka kemampuan koginitf pun akan terganggu," tutupnya.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda (1)

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif