Pola Makan Berpengaruh pada Keremajaan Kulit

Sri Yanti Nainggolan 13 September 2018 17:47 WIB
tips kesehatan
Pola Makan Berpengaruh pada Keremajaan Kulit
(Foto: Purely Inspired)
Jakarta: Semua orang ingin memiliki kulit sehat dan segar. Untuk bisa mendapatkannya, peran kolagen sangat besar. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kolagen dalam tubuh?

Menurut ahli kulit dan kelamin dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK, kemungkinan mendapatkan protein tersebut dari makanan atau minuman cukup kecil. 

"Pada dasarnya, kadar vitamin dalam makanan dan minuman sudah berkurang jika dimasak, idealnya saat masih segar. Namun tetap bisa meningkatkan," ujarnya dalam temu media, Kamis 13 September 2018. 


Ia menyarankan mengonsumsi makanan dengan warna terang seperti jeruk, apel, atau bluberi yang mengandung banyak vitamin dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sementara, konsumsi makanan manis dan diproses dengan pembakaran (dapat memicu karsinogen) sebaiknya dihindari. 

"Hindari makan berkalori dan gula tinggi, yang biasanya berwarna-warni," saran dia. 

Selain itu, dr Kardiana juga mengungkapkan bahwa kebiasaan sehat lain seperti banyak minum air putih juga membantu membuat kulit menjadi sehat dan segar. 

Tidur cukup juga tak kalah penting, sekitar 6-8 jam, untuk membantu memproduksi antioksidan alami dalam tubuh yang mendukung perbaikan sel-sel kulit.

Terakhir, ia menekankan perlunya aktivitas fisik yang rutin untuk membantu melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan metabolisme, yang berdampak positif pada kulit. 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id