Ilustrasi ketombe berlebih di kulit kepala. Freepik
Ilustrasi ketombe berlebih di kulit kepala. Freepik

Ketombe Tak Kunjung Sirna, Coba 4 Bahan Alami Ini!

Rona rambut kesehatan kulit mengatasi ketombe ketombe
Dadali.id • 19 Oktober 2021 15:59
Jakarta: Ketombe muncul akibat proses alami rontoknya sel kulit mati di kepala kita lho. Ketombe berlebih menjadi hal yang tidak menyenangkan untuk banyak orang karena bisa membuat risi dan kepala menjadi gatal.
 
Banyak produsen shampo yang mengeklaim dapat mencegah dan menghilangkan ketombe. Jika Anda sudah mencoba berbagai macam produk namun ketombe belum juga hilang, tak ada salahnya mencoba beberapa bahan alami ini.
 
Berikut 4 bahan yang dihimpun Dadali.id dari berbagai sumber yang bisa dicoba:

1. Lidah buaya

Bahan alami yang pertama, Anda dapat mencoba lidah buaya. Kandungan antiradang dan antijamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Caranya, Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang telah dihaluskan ke kulit kepala, lalu Anda diamkan selama kurang lebih satu jam. Gunakan lidah buaya secara rutin selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Jeruk nipis

Seperti yang kita ketahui jeruk nipis kaya akan vitamin C, B1, B2, B3, B5, dan lain sebagainya. Ternyata, vitamin yang terdapat dalam jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan juga membantu untuk menghilangkan ketombe.
 
Caranya, dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air secukupnya dan mengoleskan pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.
 
Ketombe berlebih buat kepala gatal
Ilustrasi ketombe berlebih di kepala. Freepik

3. Minyak kelapa

Kemudian minyak kelapa, minyak alami ini merupakan salah satu bahan yang sudah lama digunakan secara tradisional untuk menghilangkan ketombe. Jenis minyak ini dapat melembabkan kulit kepala dan rambut serta mencegah kulit kepala kering dan mengelupas.
 
Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe juga mudah. Siapkan beberapa sendok dan oleskan minyak kelapa ke kulit kepala.  Pijat secara perlahan dan diamkan selama 15–20 menit. Selain dapat menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga baik untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut lho.

4. Cuka apel

Untuk yang terakhir Anda dapat menggunakan cuka apel. Zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe.
 
Cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala sehingga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
 
Baca: Ini 7 Alasan Kepala Kamu Terasa Gatal
 
Penggunannya, Anda perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan satu gelas air, oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit dan cuci rambut hingga bersih.
 
Nah, itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel. Semoga bermanfaat. (Nuansa Islami)
 
(SUR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif