Perhatikan kebersihan kolam renang yang Anda dan keluarga gunakan. (Foto: Pexels.com)
Perhatikan kebersihan kolam renang yang Anda dan keluarga gunakan. (Foto: Pexels.com)

Tips Memerhatikan Kondisi Kolam Renang Umum

Rona kesehatan
Raka Lestari • 03 Juli 2019 18:35
Brooke Nelson dalam "Red Flags a Public Pool Is Too Dirty for Swimming" menerangkan bahwa ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali. Air yang keruh dan adanya pertumbuhan lumut bisa menjadi salah satu tanda utama bahwa kolam tersebut kotor. Dan jangan berenang di kolam renang jika Anda melihat ada orang lain yang buang air, muntah, atau darah di sana.
 

 
Jakarta: Bermain air di kolam renang saat cuaca yang sedang panas-panasnya memang sangatah menyegarkan. Namun sebelum Anda pergi ke kolam renang, terutama kolam renang umum sebaiknya Anda berhati-hati. Ada potensi bahaya yang mungkin saja ada di kolam renang umum yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Reader's Digest, meskipun kolam renang umum biasanya ditambahkan dengan zat klorin dan bahan kmia lainnya untuk menangkal kuman, belum tentu selalu bersih.
 
Faktanya, menurut sebuah studi pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan bahwa 80 persen kolam renang umum melakukan pelanggaran kesehatan dan keselamatan.
 
"Air yang tidak diolah dengan keseimbangan kimia yang benar lebih mungkin untuk menyebarkan bakteri dan virus dari satu perenang ke perenang lainnya, mulai dari E. coli hingga norovirus hingga Hepatitis A," tulis Brooke Nelson dalam "Red Flags a Public Pool Is Too Dirty for Swimming."
 
Tips Memerhatikan Kondisi Kolam Renang Umum
(Anda perlu memerhatikan kondisi kebersihan kolam renang umum. Jangan berenang di kolam renang jika Anda melihat ada orang lain yang buang air, muntah, atau darah di sana. Foto: Pexels.com)

Perhatikan air keruh

Untungnya, ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali. Air yang keruh dan adanya pertumbuhan lumut bisa menjadi salah satu tanda utama bahwa kolam tersebut kotor.
 
Michele Hvalsa, ketua program renang dari CDC merekomendasikan untuk memastikannya dengan saluran air pada bagian dalam kolam renang yang bisa Anda lihat dari atas kolam renang.
 
"Selain mengindikasikan bahwa kolam itu cukup bersih untuk berenang, air jernih memungkinkan penjaga kolam renang dan pengunjung lainnya bisa melihat dengan jelas perenang yang berada di bawah air dan bisa terlihat apakah mereka dalam kesulitan," katanya.
 
Jangan berenang di kolam renang jika Anda melihat ada orang lain yang buang air, muntah, atau darah di sana.
 
Nelson menambahkan, bahkan sesuatu yang tidak membahayakan yang keluar dari tubuh Anda seperti keringat dan kulit mati yang tercampur dengan klorin dalam kolam renang dapat mengurangi jumlah klorin yang berguna untuk membunuh kuman.
 
"Membiarkan bakteri menyebar, dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan sakit," jelas Hvalsa.
 
"Namun, Anda tidak selalu tahu dengan melihat air kolam jika itu didesinfeksi dengan benar," menurut Hvalsa.
 
Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui tingkat keamanan kolam renang yang akan Anda tuju.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif