Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan

Rona kesehatan
Raka Lestari • 17 September 2019 14:00
Jakarta: Biji bunga matahari merupakan salah satu pilihan camilan yang cukup banyak disukai. Selain itu, biji bunga matahari juga banyak digunakan dalam beberapa makanan sehat bersama dengan superfood lainnya, karena kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan.
 
Setelah dipanen, biji bunga matahari dikeringkan, kemudian disiapkan untuk dijadikan camilan.
 
"Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E, magnesium, dan selenium yang sangat baik, yang sering kurang dalam makanan kita," kata Sonya Angelone, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan berikut ini adalah beberapa alasan lain mengapa biji bunga matahari bermanfaat bagi Anda seperti dilansir womenshealthmag:
 
Membantu Anda merasa kenyang
 
Biji bunga matahari memiliki banyak lemak, serat, dan protein. "Makan makanan dan makanan yang mengandung protein, lemak, dan serat, seperti biji bunga matahari, dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan lebih puas lebih lama," kata Alissa Rumsey RD, pendiri Alissa Rumsey Nutrition and Wellness.
 
Baik untuk jantung
 
Menurut Rumsey, biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas. Terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular.
 
Dapat menurunkan kolestrol
 
"Biji bunga matahari memiliki senyawa nabati yang disebut fitosterol yang membantu menurunkan kolesterol," kata Angelone. Fitosterol secara struktural mirip dengan jenis kolesterol yang buruk bagi tubuh Anda, jadi ketika Anda memakannya, fitosterol akan bersaing dengan kolesterol untuk penyerapan dalam saluran pencernaan Anda.
 
Sumber antioksidan yang baik
 
Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E baik yang memiliki sifat antioksidan, kata Jessica Cording, RD, ahli diet yang berbasis di New York.
 
"Vitamin E bergerak melalui tubuh dan menetralkan bahan kimia berbahaya dalam tubuh yang dapat merusak sel," jelas Angelone. "Vitamin E juga membantu mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah."
 
Selenium yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. "Ini juga merupakan komponen enzim antioksidan yang dapat membantu mencegah pembelahan sel kanker," kata Angelone.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif