NEWSTICKER
Kira-kira siapa yang perlu cek korona ke rumah sakit? Berikut ini informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Kira-kira siapa yang perlu cek korona ke rumah sakit? Berikut ini informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Siapa yang Perlu Cek Korona ke Rumah Sakit?

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Kumara Anggita • 22 Maret 2020 11:53
Jakarta: Semakin hari, semakin banyak orang yang terkena virus korona atau covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, pastinya para dokter sedang kewalahan dalam menanganinya.
 

Untuk memudahkan pekerjaan mereka, mari tidak memenuhi rumah sakit dengan memeriksa covid-19 tanpa dasar. Kira-kira siapa yang perlu cek korona ke rumah sakit?
 

Berikut penjelasannya untuk Anda ketahui:

 

1. Yang pernah kontak dengan pasien positif covid-19

Pertama, hal yang perlu Anda ingat adalah bertanya pada diri Anda sendiri, apakah Anda pernah kontak dengan pasien positif covid-19 (kontak dalam jarak satu meter), atau pernah berkunjung ke negara atau daerah endemis covid1- dalam 14 hari terakhir.
 
Jika Anda pernah berkontakan, ditambah memiliki gejala berupa demam (>38 derajat celcius), pilek, batuk, sesak napas maka hubungi 119 EXT 9. Atau periksakan diri ke rumah sakit rujukan covid-19 di daerah Anda. Namun bila tidak, karantina diri Anda selama 14 hari terhitung setelah kontak.

2. Bila demam

Bila dalam masa karantina tersebut tiba-tiba ada gejala demam (>38 derajat celcius), pilek, batuk, sesak napas maka baru Anda bisa hubungi 119 EXT 9 atau periksakan diri ke rumah sakit rujukan covid-19 di daerah Anda. Dan bila tidak, Anda tidak perlu memeriksakan diri ke rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan seperti itu, para tenaga medis bisa fokus mengurus mereka yang saat ini sedang berjuang melawan virus korona. Tetaplah jaga diri Anda.

3. Keluar rumah jika diperlukan

Jangan keluar rumah kalau tidak begitu diperlukan. Jika memang Anda harus keluar rumah, lakukan sendiri dan catat keperluan Anda apa saja dan lakukan keperluan rumah dari satu titik ke titik yang lain hingga selesai.
 
Sepulangnya Anda, ganti semua baju luar Anda dengan baju bersih untuk di dalam rumah. Bersihkan tangan, kaki dan muka Anda dengan sabun.
 
Tetap makan makanan yang sehat begizi, berolahraga, jangan bosan mencuci tangan setelah melakukan berbagai hal.
 
Dan jangan stres. Jika bosan di dalam rumah, lakukan hal yang selaman ini terhambat misalnya belajar menyanyi, belajar edit foto, belajar vlogging, dan lainnya. Hal-hal ini akan membuat daya tahan tubuh Anda kuat.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif