NEWSTICKER
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (Foto: lipi.go.id)
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (Foto: lipi.go.id)

LIPI Rilis Produk Rumah Tangga yang BIsa Dijadikan Disinfektan

Rona Virus Korona virus corona covid-19
A. Firdaus • 24 Maret 2020 15:57
Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis daftar sementara bahan aktif dan juga produk rumah tangga yang bisa dijadikan disinfektan. Seperti diketahui, disinfektan kerap digunakan sebagai pencegah penyebaran virus korona atau covid-19.
 
Menurut Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Ajeng Arum Sari, disinfektan berguna merusak lapisan lemak. Sehingga membuat virus korona cukup lemah, dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus-virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat.
 
Covid-19 sendiri merupakan penyakit menular yang disebabkan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) yang merupakan virus korona baru. Virus ini memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak.
 
Sementara itu, Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian, mengatakan banyak produk rumah tangga umumnya mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi.
 
"Selain penggunaan agen pembersih, perawatan lain yang efektif terhadap virus korona adalah dengan metode pemberian uap dan perlakuan panas," ujar Chandra seperti dilansir Antara.
 
Kendati demikian, LIPI mengimbau masyarakat membeli sesuai kebutuhan, dan memprioritaskan ketersediaan bahan serta produk yang dipakai dalam membuat larutan disinfektan untuk kepentingan penanganan medis COVID-19 yang lebih mendesak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut daftar sementara produk disinfektan rumah tangga atau produk pembersih untuk desinfeksi virus corona, yang telah disurvei secara terbatas serta cara pengencerannya.
 
-Aquatabs Multipurpose yang memiliki bahan aktif Sodium dichloroisocyanurate, yakni Bayclin Lemon dengan bahan aktif Sodium hypochlorite 5,25 persen. Cara pengencerannya 20 mililiter per satu liter air.
 
Bayclin Regular dengan bahan aktif Sodium hypochlorite 5,25 persen dan cara pengencerannya 20 miiliter per satu liter air.
 
Bebek Kamar Mandi yang mengandung Benzalkonium klorida (0,1 persen), Bratacare Disinfectane Concentrate dengan bahan aktif Quarternary ammonium compound (4,5 persen), dan cara pengencerannya 10 mililiter per satu liter air.
 
-Clorox Disinfecting Bleach dengan bahan aktif Sodium hypochlorite (7,4 persen) dan cara pengencerannya 10 mililter per satu liter air. Clorox Toilet Bowl Clener With Bleach dengan bahan aktif Sodium hypochlorite (2,4 persen) dan cara pengencerannya 40 mililiter per satu liter air.
 
Dettol All In One Disinfectant Spray yang mengandung bahan aktif Alkyl Dimethyl Benzyl, Dettol Antiseptic Liquid dengan bahan aktif Chloroxylenol (4,8 persen) dan cara pengencerannya 25 mililiter per satu liter air.
 
- Proclin dengan bahan aktif Pemutih Sodium hypochlorite (5,25 persen) dan cara pengencerannya 20 mililiter per satu liter air. Septalkan dengan bahan aktif Benzalkonium klorida (0,095 persen) dan cara pengencerannya 1:1 (1 bagian dalam 1 bagian air). Soklin Pemutih dengan bahan aktif Sodium hypochlorite (5,25 persen) dan cara pengencerannya 20 mililiter per satu liter air.
 
-SOS Pembersih Lantai dengan bahan aktif Antibacterial Benzalkonium chloride (satu persen) dan cara pengencerannya 50 mililiter per satu liter air. Wipol Pembersih Lantai Cemara dengan bahan aktif Pine oil (2,5 persen) dan cara pengencerannya 1:9 (1 bagian dalam 9 bagian air), Wipol Pembersih Lantai Sereh dan Jeruk dengan bahan aktif Ethoxylated alcohol (tiga persen)
dan Benzalkonium chloride (1,25 persen) dan cara pengencerannya 40 mililiter per satu liter air.
 
Hal yang perlu diperhatikan Bayclin Lemon, Bayclin Reguler, Clorox Disinfecting Bleach, Clorox Toilet Bowl Clener with Bleach, Proclin Pemutih, dan Soklin Pemutih bersifat korosif terhadap logam. Sehingga barang-barang yang dibersihkan dengan sumber disinfektan itu harus dibersihkan kembali dengan kain basah setelah 10 menit.
 
Berdasarkan studi literatur, bahan aktif dan konsentrasi efektifnya dalam produk rumah tangga tersebut telah terbukti efektif melawan virus korona. Disinfektan menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus korona penyebab covid-19. Namun mesti diperhatikan juga penggunaannya dengan benar.
 
Merunut informasi yang diterima dari The Robert Koch Institute (RKI), Jerman, Chandra menuturkan bahwa produk disinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk disinfektan lain yang setidaknya memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut (enveloped virus) juga dapat digunakan.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif