Pada anak-anak, multivitamin juga penting agar anak tetap bisa mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. (Ilustrasi/Pexels)
Pada anak-anak, multivitamin juga penting agar anak tetap bisa mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. (Ilustrasi/Pexels)

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Multivitamin untuk Anak?

Rona kesehatan anak
Raka Lestari • 03 Juli 2020 13:08
Jakarta: Pemberian multivitamin bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi agar tetap seimbang. Pada anak-anak, multivitamin juga penting agar anak tetap bisa mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, kapan waktu yang tepat untuk memberikan multivitamin pada anak?
 
“Pemberian multivitamin dilakukan jika dirasa gizi anak dari bahan makanan belum tercukupi. Misalnya ada anak yang picky eater atau mengalami ganggguan penyerapan makanan itu bisa diberikan multivitamin agar kebutuhan nutrisi tetap optimal,” ujar dr. Margareta Komalasari, Sp.A - Dokter Anak dan Anggota IDAI Jaya, dalam Media Talk show Online bertajuk #GerakanTanganABC, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Menurut dr. Margareta, berdasarkan pedoman dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) multivitamin bisa diberikan tergantung kondisi anak. “Pada anak yang lahirnya prematur dan mereka mengalami kekurangan nutrisi maka sejak usia 1 bulan pun sudah bisa diberikan multivitamin,” ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Akan tetapi, kalau anak tersebut lahir cukup bulan dan berat badannya normal maka pada usia 4 bulan juga sudah boleh diberikan multivitamin. Namun banyak orang tua yang takut jika memberikan multivitamin maka tidak akan ASI Eksklusif,” ujar dr. Margareta.
 
“Sebenarnya tidak ada masalah karena ASI Eksklusif itu kan dengan tidak memberikan cairan lain selain ASI dan yang mengenyangkan. Sedangkan multivitamin kan tidak mengenyangkan dan multivitamin biasanya diberikan dalam dosis yang sangat kecil sehingga tetap bisa disebut dengan ASI Eksklusif,” ujar dr. Margareta.
 
Sementara itu, dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager of Kalbe Consumer Health juga menambahkan bahwa pemberian multivitamin pada anak bisa dilakukan setelah anak berusia 6 bulan atau setelah anak mendapatkan ASI Eksklusif.
 
“Setelah usia tersebut kalau ada masalah intake gizi mungkin sudah bisa diberikan multivitamin. Namun mungkin harus kita lihat lagi, kondisi anak seperti apa. Biasanya kalau anak usia dibawah tiga tahun diberikan dalam bentuk sirup. Kalau sudah di atas tiga tahun bisa dalam bentuk tablet hisap atau gummy itu sudah bisa,” tutup dr. Helmin.
 

 

(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif