NEWSTICKER
Jus baik untuk system pencernaan dengan memperkenalkan enzim sehat yang membuat usus bekerja lebih efisien. (Ilustrasi/Pexels)
Jus baik untuk system pencernaan dengan memperkenalkan enzim sehat yang membuat usus bekerja lebih efisien. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Cleansing Juice dalam Mendetoksifikasi Racun Tubuh

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 20 Februari 2020 13:03
Jakarta: Cleansing juice merupakan jus yang dianggap dapat memiliki manfaat untuk membersihkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Banyak yang menyebutkan bahwa jus ini sangat berguna jika Anda ingin memulai pola hidup yang lebih sehat, tetapi tidak sanggup jika harus mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup banyak.
 
“Ada banyak jenis diet atau jus detoks yang berdasarkan pada ide bahwa racun yang menumpuk di dalam tubuh dapat dihilangkan dengan mengonsumsi atau tidak mengonsumsi makanan hal-hal tertentu,” jelas Dr Andrew Thornber, Chief Medical Officer di Now Patient, seperti dimuat cosmopolitan.
 
Ia menambahkan, jus baik untuk system pencernaan dengan memperkenalkan enzim sehat yang membuat usus bekerja lebih efisien. Cleansing juice aman dikonsumsi selama satu atau dua hari, tetapi ia tidak menyarankan untuk berhenti mengonsumsi makanan pada dan menggantinya dengan cleansing juice selama lebih dari dua hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mengonsumsi cleansing juice memang dapat menyebabkan penurunan berat badan jangka pendek, tetapi dengan membatasi kalori maka Anda juga membtaasi nutrisi tertentu. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan Anda,” ujar Dr Thornber. 
 
Dr Thornber juga menekankan bahwa mereka yang memiliki gangguan ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi atau melakukan diet dengan cleansing jus dalam jumlah besar karena kemungkinan besar mengandung oksalat. 
 
Cleansing juice juga mungkin bukan ide yang baik dikonsumsi ketika Anda sakit. “Tubuh Anda membutuhkan energi untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan melakukan detoks tidak membantu,” jelas Dr Thornber.
 
"Jika Anda melakukannya, maka Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari penyakit dan akan membuat Anda merasa lesu dan lelah,” terangnya.
 
Dr Thornber juga membolehkan untuk mengonsumsi cleansing juice setelah melakukan olahraga ringan, namun tidak disarankan jika Anda habis melakukan olahraga dengan intensitas keras (HIIT).
 
“Olahraga dapat memulai detoks alami karena baik paru-paru dan kulit akan dibersihkan melalui keringat,” kata Dr Thornber. Ia juga menyarankan jika Anda merasa pusing atau lemah, sebaiknya segera hentikan olahraga yang Anda lakukan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif