Metode butterfly hug dapat membantu Anda menenangkan diri dan membantu Anda memproses emosi yang sulit.  (Foto: Dok. Homprehensivetherapyapproach.com)
Metode butterfly hug dapat membantu Anda menenangkan diri dan membantu Anda memproses emosi yang sulit. (Foto: Dok. Homprehensivetherapyapproach.com)

Mengenal Butterfly Hug, Teknik Relaksasi untuk Menenangkan Diri

Rona psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 20 September 2020 15:00
Jakarta: Apakah Anda merasakan efek kecemasan dan stres yang meningkat? Untuk mengatasinya, mungkin Anda dapat mencoba teknik butterfly hug. Latihan ini sederhana dan sangat bermanfaat, tentunya dapat dilakukan kapan dan di mana saja.
 
Metode butterfly hug berasal dan dikembangkan oleh Lucina Artigas kepada penyintas trauma akibat badai Pauline di Acapulco, Meksiko pada tahun 1998.
 
Metode butterfly hug dapat membantu Anda menenangkan diri dan membantu Anda memproses emosi yang sulit. Ini juga dapat mengurangi stres dan kecemasan serta dapat menurunkan detak jantung Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di masa pandemi ini, butterfly hug mungkin juga sangat berguna bagi siapa saja yang harus mengisolasi diri sendiri, yang tidak akan bisa mendapatkan pelukan dari teman atau keluarga.
 
Melansir dari Skyterrawellness, berikut cara mudah melakukan butterfly hug sendiri.
 
1. Pertama, silangkan tangan Anda di depan dada dengan jari tengah bertumpu pada tulang selangka
2. Angkat siku Anda untuk membuat sayap kupu-kupu
3. Tepuk tangan perlahan dan bergantian ke kiri dan kanan selama 30 detik. Sambil menepuk, tarik napas dan embuskan melalui hidung sampai Anda mulai merasa lega dan tenang.
 
Teknik relaksasi ini dapat dilakukan di mana pun Anda merasa nyaman, berdiri, duduk di kursi atau berbaring, mata terbuka atau tertutup.

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif