Alasan Musim Dingin Dapat Menaikkan Berat Badan

Torie Natalova 27 November 2018 20:14 WIB
kesehatan
Alasan Musim Dingin Dapat Menaikkan Berat Badan
Saat memasuki musim hujan atau dingin, sebagian besar orang merasa berat badannya bertambah karena keinginan untuk makan semakin besar. (Foto: Alexandre Crousette/Unsplash.com)
Jakarta: Saat memasuki musim hujan atau dingin, sebagian besar orang merasa berat badannya bertambah karena keinginan untuk makan semakin besar.

Ini rupanya bukan hanya perasaan sebagian orang saja, tapi sebuah penelitian membuktikan berat badan dapat bertambah ketika musim dingin tiba.

Dilansir dari Redonline, menurut para ilmuwan dari University of Alberta di Kanada, sel-sel lemak yang terletak tepat di bawah kulit kita bisa menyusut ketika terkena sinar matahari. Jadi, sangat mungkin ukuran lingkar pinggang Anda semakin membesar di musim dingin.


(Baca juga: Tips Menghangatkan Tubuh Saat Cuaca Dingin)


(Saat memasuki musim hujan atau dingin, sebagian besar orang merasa berat badannya bertambah karena keinginan untuk makan semakin besar. Foto: joy Yates/Unsplash.com)

Ketika panjang gelombang cahaya biru matahari yaitu cahaya yang dapat kita lihat dengan mata, menembus kulit dan mencapai sel-sel lemak tepat di bawahnya, tetesan lipid bekurang dan dilepaskan keluar dari sel.

Dengan kata lain, sel-sel kita tidak menyimpan banyak lemak. Tim ilmuwan menemukan efek ini saat menyelidiki apakah sel-sel lemak dapat dibuat secara biologis untuk merespons cahaya guna membantu pasien diabetes tipe 1.

Penemuan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan tidak merekomendasikan sinar matahari untuk digunakan sebagai metode penurunan berat badan.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id