Berolahraga ternyata mampu meningkatkan memori otak, ketajaman mental, peningkatan retensi informasi (Foto Ilustrasi: Juan Pablo/Unsplash.com)
Berolahraga ternyata mampu meningkatkan memori otak, ketajaman mental, peningkatan retensi informasi (Foto Ilustrasi: Juan Pablo/Unsplash.com)

Manfaat Terselubung dari Berolahraga

Rona kesehatan
Raka Lestari • 13 Desember 2018 07:35
Jakarta: Olahraga ternyata bukan sekadar bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Kegiatan ini juga bermanfaat buat otak juga loh. Mirisnya, tak banyak orang yang tahu tentang manfaat terselubung ini.
 
"Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, otak Anda sama seperti jaringan lain di tubuh Anda yang juga mendapat manfaat dari berolahraga," ujar Ronnie Lubischer, CSCS, pemilik Burn and Blast Training Lubischer, kepada Elite Daily.
 
"Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gaya hidup yang memperhatikan kebugaran fisik dapat meningkatkan memori, ketajaman mental, peningkatan retensi informasi, serta membantu mencegah timbulnya penyakit saraf seperti Alzheimer," tambahnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Lubischer, hal ini karena adanya peningkatan jumlah oksigen dan darah ke otak Anda yang membantu menghasilkan neuron baru dan membantu memperkuat neuron-neuron yang sudah ada. 
 
"Peningkatan jumlah oksigen dan darah ke otak Anda juga membantu pelepasan sejumlah besar hormon yang secara langsung berdampak untuk menutrisi dan mengatur tubuh," tambah Lubischer. 
 
Manfaat Terselubung dari Berolahraga
Olahraga tinju ternyata juga bermanfaat pada otak Anda (Ilustrasi Foto: Sarah Cervantes/Unsplash.com)
 
Selain itu, manfaat lain dari berolahraga bagi otak Anda juga dapat memicu pelepasan endorfin dan dopamin, alias neurotransmitter yang berhubungan dengan kesenangan dan penghargaan.
 
"Dopamin sebenarnya menurunkan tingkat stres dan membantu regulasi kortisol tubuh Anda," kata Lubischer.
 
Menurut Lubischer, jenis latihan yang paling bisa membantu memperkuat otak Anda adalah menggabungkan koordinasi dengan latihan kardiovaskular. Seperti berdansa atau senam. Bahkan tinju atau olahraga berjenis intensitas tinggi pun bisa bermanfaat buat otak.
 
Makanan dan Minuman Ini Dapat Kurangi Sakit Kepala

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif