Apakah benar mi instan bikin Anda haus? Simak penjelasan dari dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.Gk. (Foto: Pexels.com)
Apakah benar mi instan bikin Anda haus? Simak penjelasan dari dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.Gk. (Foto: Pexels.com)

Makan Mi Instan Bikin Cepat Haus?

Rona kesehatan mi instan
Sunnaholomi Halakrispen • 10 Agustus 2020 08:00
Jakarta: Beredar kabar bahwa mi intan yang menyerap air ketika dimasak bisa membuat orang cepat haus ketika mengonsumsinya. Apakah hal tersebut benar, atau justru hanya mitos semata?
 
Sebelum menjabarkan lebih lanjut, perlu diketahui bagaimana sifat mi instan berdasarkan kandungan gizi di dalamnya. Salah satu komposisi yang mungkin tertanam di benak Anda mungkin tingginya karbohidrat. 
 
"Komposisi utama mi instan adalah tepung yang merupakan karbohidrat, minyak dan natrium dalam jumlah banyak. Natrium di mi instan bisa 1000- 3000 mg," ujar Pakar Gizi dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.Gk kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dr. Jovita memaparkan bahwa beberapa mi instan difortifikasi beberapa vitamin dan mineral. Mi instan juga sangat rendah kandungan protein dan seratnya. 
 
"Jadi makan mi instan saja tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita serta cepat membuat kita merasa lapar lagi," paparnya.
 
Lalu, benarkan jika mi instan menyerap air dan bisa membuat penikmatnya merasa haus? "Memang saat dimasak mi instan dapat menyerap air, ini karena dalam prosesnya mi ini dikeringkan. Sehingga, jika dimasak dengan cara direbus akan mengembalikan bentuk minya," jelasnya.
 
"Kandungan natrium yang tinggi dalam mi instan dapat memicu rasa haus," pungkasnya.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif