Bagaimana kaitan teh dengan diabetes? Jillian Kubala, MS, RD menerangkannya untuk Anda. (Foto: Pexels.com)
Bagaimana kaitan teh dengan diabetes? Jillian Kubala, MS, RD menerangkannya untuk Anda. (Foto: Pexels.com)

Bagaimana Teh Bisa Mengontrol Diabetes?

Rona diabetes
Kumara Anggita • 29 Juni 2020 08:00
Jakarta: Teh adalah salah satu minuman populer di dunia. Rasanya yang menenangkan juga punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Healthline, teh bahkan dibilang bisa mengontrol penyakit diabetes. Apa kaitannya? 
 
Baik teh asli dan teh herbal telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan karena senyawa tanaman kuat yang dikandungnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa teh memiliki sifat yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. 
 
Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi penderita diabetes, pengaturan gula darah yang ketat sangat penting, dan memilih makanan dan minuman yang mengoptimalkan kontrol gula darah yang sehat adalah kuncinya. 
 
Memilih minuman bebas kalori atau sangat rendah kalori seperti teh tanpa pemanis dibandingkan minuman manis seperti soda dan minuman kopi manis adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kontrol diabetes.
 
Tak hanya itu, Jillian Kubala, MS, RD dalam laman yang sama juga menerangkan beberapa variasi teh mengandung senyawa tanaman yang memerangi kerusakan sel dan mengurangi peradangan dan kadar gula darah, menjadikannya pilihan yang cocok untuk penderita diabetes.
 
Terlebih lagi, minum teh tanpa pemanis dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk setiap proses tubuh, termasuk regulasi gula darah. 
 
Jillian menambahkan penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi berhubungan dengan kadar gula darah yang tinggi pada diabetisi, menyoroti pentingnya asupan cairan reguler.
 
Itulah alasan mengapa teh bagus untuk orang dengan diabetes. Jangan ragu untuk menambahnya dalam minuman harian Anda. Namun ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter Anda secara rutin.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif