Yogurt (Foto: Pixabay)
Yogurt (Foto: Pixabay)

Beberapa Asupan Sehat yang Ternyata Memiliki Kandungan Gula Tinggi

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 29 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Gula yang terdapat pada makanan Anda tentu akan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi gula berlebih ini bisa mengarah pada berbagai penyakit tertentu, mulai dari diabetes sampai berat badan berlebih.
 
Untuk mengatasinya, pasti Anda akan memilih makanan sehat. Namun beberapa makanan atau minuman sehat tidak selalu benar-benar sehat karena justru bisa mengandung gula yang lebih banyak dari yang Anda pikirkan.
 
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dianggap sehat, namun ternyata memiliki kandungan gula di dalamnya. Apa saja itu?

Yogurt

Usahakan untuk membeli yogurt yang tanpa rasa atau rendah lemak. Carilah yogurt dengan kandungan gula tidak lebih dari 20 gram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Atau beli yogurt yang bisa Anda tambahkan dengan buah segar. Anda juga bisa menambahkan satu sendok gula, madu, atau maple syrup sehingga Anda bisa mengontrol kandungan gula, tambah Bauer” kata Joy Bauer, M.S., R.D., pakar diet dan founder Nourish Snacks.

Granola

Beberapa Asupan Sehat yang Ternyata Memiliki Kandungan Gula Tinggi
Menaburkan granola di atas yogurt tanpa rasa sebenarnya dapat memberikan gula tambahan yang justru harus Anda hindari. Dengan menambahkan satu setengah cangkir granola Anda sudah menambahkan lebih dari 12 gram gula. Jika Anda ingin menambahkan tekstur renyah pada makanan, bisa mengganti granola dengan kacang-kacangan seperti almond.

Jus buah dan minuman olahraga

Usahakan berpikir dua kali sebelum minum minuman berenergi. Menurut Universitas Harvard, satu botol minuman olahraga dapat mengandung sampai lima sendok teh gula.
 
Jus jeruk botolan, bahkan lebih parah, bisa mengandung sampai 10 sendok teh gula. Bauer menyarankan, menambahkan air soda untuk menurunkan gula hingga 50 persen dan memberi tambahan rasa.

Salad

Salad pada dasarnya adalah makanan sehat selama terdiri dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Tetapi apa yang Anda tambahkan sebagai dressing pada salad Anda itu adalah yang terkadang bisa menjadi masalah.
 
Dan pilihan 'rendah lemak' yang tampaknya sehat seringkali merupakan pilihan terburuk. Sebab lemak yang dihilangkan sering diganti dengan gula. Salad dengan Italian dressing mengandung 2 gram gula. Sedangkan salad yang menggunakan dressing thousand island dan fat-free French justru bisa mengandung 6 gram gula.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif