(Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan Untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat. Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas))
(Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan Untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat. Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas))

Cerdas Memilih Jenis Air Minum Dalam Kemasan

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 17 Mei 2019 14:05
Masyarakat diimbau cerdas memilih produk-produk air minum dalam kemasan (AMDK). Sebab, banyak jenis AMDK yang manfaat dan khasiatnya kurang teruji secara ilmiah.
 
Jakarta:
Belakangan ini banyak dijual beragam produk air minum dalam kemasan (AMDK) di pasaran. Bukan lagi hanya air mineral, kini juga dikenal AMDK jenis demineral, oksigen, juga alkali.
 
Semua produk tersebut menggadang-gadang memiliki kelebihan dan bermanfaat dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan produk tersebut diklaim lebih baik ketimbang air mineral yang biasa dikonsumsi setiap hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Ketua Indonesian Hydration Working Group, Diana Sunardi, mengatakan tidak semua ragam jenis AMDK baik dikonsumsi oleh tubuh manusia. Sebab khasiat minuman tersebut masih membutuhkan uji ilmiah.
 
"Masih dibutuhkan kajian ilmiah untuk mengetahui manfaat beragam jenis AMDK tersebut," kata Dokter spesialis gizi klinik sekaligus Ketua Indonesian Hydration Working Group, Diana Sunardi, dalam seminar Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan Untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat, di Jakarta, tempo hari.
 
Menurut Diana, khasiat produk AMDK selain air mineral, sejauh ini hanya diklaim oleh pembuat produk tanpa dukungan penelitian ilmiah yang memadai. Misalnya saja pada produk air demineral.
 
Disebutkan, air jenis ini diperoleh melalui proses pemisahan zat-zat kimia serta deionisasi untuk menetralisasi ion positif dan negatif. Produk tersebut digadang-gadang aman dikonsumsi untuk detoksifikasi hingga menyembuhkan beragam penyakit.
 
"Namun ternyata, mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Selain itu, hilangnya elektrolit dalam air dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh," ungkap dia.
 
Begitupun pada produk AMDK yang mengandung oksigen. Menurut Diana, produk yang digadang-gadang cocok digunakan untuk para olahragawan itu, manfaatnya tak lebih baik dari air mineral biasa.
 
"Dengan kata lain, manfaat lebih dari produk air yang dimaksudkan belum terbukti secara ilmiah, misalnya untuk detoksifikasi, menyembuhkan kanker, tumor, dan lain-lain," beber dia.
 
Dengan kata lain, masyarakat diminta untuk cerdas memilih beragam produk yang ditawarkan kepada publik. Diana menyarankan agar masyarakat tidak mudah terpedaya oleh iklan yang mengklaim khasiat minuman tersebut.
 
"Masyarakat juga diminta tidak begitu saja mempercayai iklan atau kampanye yang mengklaim sebuah produk air minum bisa mengobati penyakit," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, Diana menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi air mineral dengan kadar minimal delapan gelas setiap hari. Sebab air mineral sudah terbukti dan teruji bermanfaat dan ampuh untuk menjaga tubuh tetap sehat.
 
"Lebih baik mengonsumsi air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh," tandasnya.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif