Berikut penjelasan mengenai coronavirus atau biasa disebut virus corona. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Berikut penjelasan mengenai coronavirus atau biasa disebut virus corona. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Fakta Seputar Virus Korona

Rona virus korona
Raka Lestari • 23 Januari 2020 16:53
Jakarta: Wabah Coronavirus (Virus Korona) yang terjadi di Wuhan, Tiongkok baru-baru ini cukup menghebohkan. Penyebabnya adalah novel Coronavirus (2019 - nCov), yaitu jenis penyakit baru yang masih satu keluarga dengan SARS dan MERS.
 
Dilansir dari website resmi World Health Organization (WHO), Dr Maria Van Kerkhove dari divisi Emerging Diseases and Zoonoses Unit WHO memberikan penjelasan mengenai coronavirus sebagai berikut:

1. Apa itu coronavirus?

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang diketahui menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

2. Apakah manusia bisa terinfeksi coronavirus?

Investigasi terperinci menemukan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak ke manusia di China pada tahun 2002 dan MERS-CoV dari unta dromedaris (juga disebut unta Somalia/Camelus dromedarius), ke manusia di Arab Saudi pada tahun 2012.
 
Beberapa coronavirus diketahui beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. Ketika pengawasan meningkat di seluruh dunia, lebih banyak coronavirus yang mungkin diidentifikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fakta Seputar Virus Korona
(Wabah coronavirus (virus Corona) yang terjadi di Wuhan, Tiongkok baru-baru ini cukup menghebohkan. Penyebabnya adalah novel Coronavirus (2019 - nCov), yaitu jenis penyakit baru yang masih satu keluarga dengan SARS dan MERS. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Apa saja gejala pada seseorang yang terinfeksi coronavirus?

Itu tergantung pada virus, tetapi tanda-tanda umum diantaranya adalah gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas, dan kesulitan bernapas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

4. Bagaimana cara melindungi diri dari coronavirus?

Coronavirus ini biasanya menyebabkan gejala pada sistem pernapasan. Sehingga kami menyarankan untuk menjaga kebersihan dasar seperti mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air secara keseluruhan. Selain itu juga usahakan ketika sedang bersin, menutup hidung dengan menggunakan tangan atau tisu.
 
Kemudian juga dengan melindungi diri dari hewan-hewan yang berpotensial menyebarkan virus, caranya adalah dengan mengindari kontak dengan hewan yang dicurigai terinfeksi dan pastikan untuk mencuci tangan secara keseluruhan setelah melakukan kontak dengan hewan. Pastikan juga untuk memasak hewan dengan matang sempurna sebelum mengonsumsinya.

5. Apakah ada perawatan khusus dari virus ini?

Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit yang disebabkan oleh coronavirus. Namun, banyak gejala dapat diobati dan oleh karena itu perawatan didasarkan pada kondisi klinis pasien. Selain itu, perawatan suportif untuk orang yang terinfeksi dapat sangat efektif.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif