Ilustrasi-(Foto: 30 Seconds)
Ilustrasi-(Foto: 30 Seconds)

Berapa Lama Postpartum Depression Biasanya Dialami Wanita?

Rona kehamilan
Raka Lestari • 24 Agustus 2019 17:06
Postpartum depression dapat dimulai kapan saja selama tahun pertama kehidupan bayi Anda.Berapa lama postpartum depression berlangsung tergantung beberapa faktor.
 
 
Jakarta: Melahirkan bisa menjadi salah satu pengalaman paling luar biasa yang bisa dialami seseorang. Namun itu tidak berarti bahwa itu selalu terjadinya dengan sempurna.
 
Dan ada hal yang paling penting untuk diketahui bahwa postpartum depression atau depresi pascapersalinan bisa terjadi pada wanita yang baru melahirkan, termasuk berapa lama postpartum depression tersebut bertahan.
 
Menurut American College of Obstetrics and Gynaecology (ACOG), postpartum depression dapat dimulai kapan saja selama tahun pertama kehidupan bayi Anda. Meskipun umumnya dimulai sekitar 1-3 minggu setelah melahirkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut National Institute of Mental Health, pada awalnya mungkin sulit untuk membedakannya apakah itu hanya baby blues yang terjadi pada sekitar 80% mereka yang mengalami postpartum.
 
Dlansir dari romper, secara umum, jika gejala Anda tetap sama atau memburuk setelah beberapa minggu sebaiknya segera periksakan diri ke penyedia layanan kesehatan terdekat.
 
"Timbulnya depresi postpartum dapat bervariasi pada setiap individu. Seringkali dalam praktik klinis, beberapa wanita menyadari adanya gejala depresi setelah 3-6 bulan melahirkan," ujar Venus Mahmoodi, Ph.D, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam kesehatan mental reproduksi dan ibu di Seleni Institute.
 
Berapa lama postpartum depression Anda berlangsung dapat bergantung pada sejumlah faktor. Meskipun sebagian besar individu mengalami postpartum depression karena perubahan genetika dan / atau hormon, hal-hal lain dapat memperburuk kondisi tersebut.
 
Menurut The National Institute of Mental Health, kurangnya sistem pendukung yang kuat, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, dan peristiwa traumatis  (seperti kekerasan dalam rumah tangga, kematian dalam keluarga, atau penyakit pribadi) dapat menjadi faktor penyebab terjadinya postpartum depression.
 
Lamanya postpartum depression juga tergantung pada apakah seseorang menerima perawatan untuknya, dan bagaimana pasien menanggapi pengobatan tersebut. Salah satu metode pengobatan, menurut ACOG, adalah konsumsi antidepresan.
 
Setelah minum obat, gejala postpartum depressionkadang-kadang dapat mulai membaik dalam 3-4 minggu. Menurut ACOG, terapi bicara juga dapat membantu mengobati gejala postpartum depression. ACOG juga menyatakan bahwa perlu waktu beberapa bulan untuk sepenuhnya mengatasi postpartum depression.
 
"Tanpa perawatan, postpartum depression dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Ketika tidak diobati, postpartum depression memerlukan perawatan yang lebih lama. Namun jika seseorang langsung mendapatkan perawatan saat mereka pertama kali mengalami gejala, kondisi ini bisa lebih baik dalam beberapa minggu." tutup Dr Mahmoodi.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif