Garam alami dikemas dengan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat memperkuat kulit. (Foto: Artem Beliaikin/Pexels)
Garam alami dikemas dengan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat memperkuat kulit. (Foto: Artem Beliaikin/Pexels)

Manfaat Garam untuk Kecantikan

Rona kecantikan
Raka Lestari • 02 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Garam merupakan salah satu bahan utama di dapur untuk memberikan rasa pada makanan. Namun Anda juga bisa loh mempertimbangkan untuk menggunakan garam sebagai bahan kecantikan.
 
"Garam alami dikemas dengan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu mengurangi peradangan, mencerahkan, dan bahkan memperkuat kulit, "kata ahli kulit Kota New York Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital, New York.
 
Garam laut juga merupakan exfoliator yang baik dan memiliki sifat antimokroba. Berikut ini adalah beberapa cara menambahkan garam menjadi perawatan kecantikan Anda:

-Masker

Campurkan dua sendok teh garam laut (sebaiknya ditumbuk halus) dengan empat sendok teh madu agar mudah disebarkan pada kulit. Oleskan secara merata pada kulit yang bersih dan kering, tapi hindari daerah mata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Sebelum dibilas, rendam handuk dalam air yang sangat hangat, dan peras dengan lembut. Letakkan waslap hangat di wajah Anda selama 30 detik. Gunakan jari-jari Anda untuk mengelupas dengan lembut dalam gerakan memutar sambil membilas kulit Anda dengan air hangat.

-Body scrub

Campurkan seperempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa menjadi pasta kental. Bisa juga dengan menambahkan 10 tetes minyak esensial favorit Anda.
 
Oleskan di kamar mandi dengan waslap, loofah, atau telapak tangan Anda. Gosok kulit Anda dengan gerakan melingkar. Butiran garam bisa bersifat abrasif, jadi mulailah dengan menggosok secara lembut untuk mengetahui respons kulit Anda.

-Perawatan anti ketombe

Garam membantu melepaskan dan menghilangkan serpihan kulit kepala sambil merangsang sirkulasi untuk kulit kepala yang sehat. Garam juga dapat menyerap minyak dan kelembapan berlebih untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.
 
Pisahkan rambut Anda menjadi beberapa bagian, dan taburkan satu hingga dua sendok teh garam ke kulit kepala Anda. Dengan menggunakan jari basah, pijat kulit kepala Anda dengan lembut dan menyeluruh selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas dan cuci rambut Anda dengan shampo yang biasa Anda gunakan.

-Pemutih gigi

Garam dan baking soda merupakan campuran yang dapat membantu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung sumber fluoride alami, yang sangat baik untuk gigi dan gusi Anda. Campurkan satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi basah ke dalam campuran tersebut dan sikatlah gigi seperti biasa.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif